Tips dan trik mengirim kambing dalam jangka waktu lama

Bagaimana cara mengirim kambing dalam waktu lama?berikut saya berikan sedikit tips dan trik mengirim kambing dalam waktu lama

Rata rata waktu yang saya butuhkan untuk membawa kambing ke Malaysia adalah 5 hari. Hari x berangkat dari peternakan saya di Jogjakarta, dan 5 hari kemudian kambing itu baru sampai di PortKlang, Malaysia. Kalau lebih detail lagi, 3,5 hari perjalanan darat dan sisanya 1,5 hari perjalanan laut.

Kalau kambing tidak terkondisi secara baik, bisa dipastikan tingkat kematian pada saat kambing sampai di tempat tujuan akan tinggi.

Pada awal bisnis ini saya kerjakan, tingkat kematian kambing pada saat sampai tempat tujuan, masih tinggi. Bahkan mencapai 30% – 50%. Kemudian setelah melakukan proses trial and error selama lebih dari 1 tahun, pada akhirnya hanya 0,1%. Tidak sampai 1%.

*kambing ketika proses seleksi*

Hal itu berlangsung continue selama 2 tahun.

Bagaimana tips dan trik tingkat kematian bisa turun sampai 1%? Berikut saya berikan caranya :

Kesehatan kambing harus  anda jaga secara baik. Jauh hari sebelum keberangkatan.

Karena saya pada waktu itu trading, bukan memelihara sendiri kambing yang saya jual. Maka kambing itu harus sudah berada di kandang saya minimal 3 hari sebelum hari keberangkatan.

Selama 3 hari di kandang saya itu, kambing harus dicek secara benar kesehatannya. Pakailah jasa dokter hewan dari dinas peternakan setempat. Karena dokter hewan itu juga yang nantinya akan terlibat dalam proses pembuatan dokumen yang diperlukan. Dokumen ini dikeluarkan oleh Dinas Peternakan Kabupaten setempat.

Sebelumnya anda harus perhitungkan secara cermat jumlah makanan dan air yang dibutuhkan selama kambing berada di kandang. Persiapkan crew kandang atau anak-anak kandang untuk menghadapi proses ini. Kalau perlu cari tenaga kontrak untuk menambah pasukan anda di kandang.

Selesaikan proses seleksi secepat mungkin. Hal ini untuk menghindari kambing stress.

( proses seleksi kambing ini dilakukan oleh pihak buyer dan pihak kita sebagai pemilik. akan kita bahas mengenai proses ini di artikel selanjutnya)

Setelah proses seleksi selesai, beri kesempatan kambing istirahat. Kira-kira 1 hari penuh istirahatkan kambing. Biarkan tanpa diganggu sama sekali.

Setelah itu maka Dokter Hewan akan datang untuk memeriksa kesehatan kambing untuk terakhir kalinya, dalam proses ini Kambing akan diberi suntikan vitamin dosis tinggi yang gunanya untuk menambah stamina selama kambing dalam perjalanan.

*proses pemberian vitamin oleh dokter hewan*

Konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter hewan tersebut jenis vitamin apa yang akan diberikan, beri pengertian bahwa perjalanan memakan waktu 5 hari.

Proses loading kambing ke truk akan memakan waktu sekitar 2-3 jam. Lakukan sepagi mungkin untuk menghindari panas matahari.

Kondisikan truk agar siap beberapa jam sebelumnya. Keadaan truk juga harus  anda atur senyaman dan seefisien mungkin. Jangan biarkan kambing berdesak desakan, hitung secermat mungkin jumlah kambing dibandingkan dengan tempat yang tersedia di dalam truk atau dengan jumlah truk yang akan dipakai. Ini harus mulai dilakukan dari saat awal kita bernegosiasi dengan pembeli.

Demikian juga dengan kondisi kandang dalam truk tersebut, jangan lupa beri jerami yang lebih banyak dibanding untuk pengiriman yang memakan waktu lebih pendek.

Pilih crew truk yang berpengalaman dalam pengiriman kambing. Karena sangat berbeda dalam mengirim hewan hidup seperti kambing dengan barang lainnya. Crew yang berpengalaman biasanya paham mengenai pengaturan ruangan, makanan atau obat-obatan yang harus dibawa, waktu keberangkatan, dokumen yang diperlukan. Bahkan mereka juga sudah tahu dimana dan kapan waktu beristirahat selama diperjalanan, pengaturan truk jika harus memakai kapal fery atau penyeberangan.

*kondisi kambing di kapal*

Pemilihan crew truk tersebut sangat sangat menentukan. Karena perjalanan memakan waktu lama. Saya pernah tahu bahwa crew yang berpengalaman dapat juga mengatasi masalah-masalah yang timbul pada kesehatan kambing selama diperjalanan.

Selalu kontrol keadaan crew ruk berikut muatan kambingnya, selama dalam perjalanan. Karena kecil kemungkinan nya anda sendiri ikut dalam rombongan truk tersebut. Pilih satu orang yang anda percaya untuk ikut dalam perjalan, kontrol terus perkembangan nya via HP.

Crew ini terdiri dari 1 orang driver, 1 orang co-driver atau driver cadangan. 1 orang yang bertugas secara khusus mengawasi kambing, orang ini akan berada bersama kambing terus di bak belakang truk.

Ini  tip dan trik hasil dari pengalaman saya, jika anda punya yang lain silahkan bagi di sini informasi.

*kondisi kambing di karantina malaysia*

Artikel lain yang terkait :

Tips dan Trik mencari buyer untuk export kambing 1

Tips dan Trik mencari buyer untuk export kambing 2

Share

26 comments for “Tips dan trik mengirim kambing dalam jangka waktu lama

  1. agus
    at 8:16 AM

    coba saya terapkan dulu,..sepertinya bagus,..

  2. Osi
    at 6:34 PM

    Soal kambing ya…jujur gak ngerti tentang kambing…

    Thanks infonya

    Tentang Alexa link in…saya sangat menganjurkan meninggalkan komentar dgn url home bukn url postingan, krn pengindeks’n berdasarkan pada nama yang sama serta url yang sama, bila di tiap2 posting sobat meninggalkan jejek komentar dgn menggunakan url serta nama yang berbeda…otomatis mesin pengindeks tidak akan menggambungkan dgn komentar sobat sebelumnya…sobat bisa lihat dari pengindeks’n TOP KOMENTAR WIDGET…pada widget tersebut pengindeks’n berdasarkan penyaringan nama dan url.

    Oke sobat, terima kasih telah menyempatkan membaca posting saya…

    Selalu meninggalkan url home dgn nama yang sama.
    Karena tiap komentar dari sobat telah terindeks di Google…walaupun hanya sebuah komentar.

  3. at 5:05 AM

    terimakasih masukan nya, saya percaya anda saja,..

  4. ryan
    at 11:14 PM

    ass…. saya ryan dari pekanbaru. paman saya mempunyai permasalahan dalam pengiriman sapi dengan menggunakan truck untuk perjalanan 2 hari. berat sapi susut, sapi patah dan terutama sapi mati selama dalam perjalanan, adalah hal yang lebih sering saya dengar, terutama cuaca yang ekstrim panas ikut andil. jujur kami bingung gimana menyisiati agar ternak tidak merasa teriknya sinar matahari, tetapi dilain pihak sirkulasi udara juga optimal didalam truck.Mohon dengan hormat, kpd bapak yg telah berpengalaman. Utk
    memberikan ilmu dan pengalaman. terimakasih. mohon responya dikirim ke rayen.rpr@gmail.com.

  5. lidya husra
    at 12:23 AM

    wow saya mencari artikel ini sudah lama, Alhamdulillah dapat juga. hanya bedanya saya mencari ilmu pengiriman untuk sapi, yang perjalanannya 2 hari atau lebih. Mengingat fisik sapi yang agak jauh berbeda dengan kambing, adakah bapak Erlangga bersedia memberi tip and trick khusus? bagaimana menyesiasati stress panas untuk sapi yang dalam perjalanan siang, khususnya cuaca sekarang yang ekstrim panas. Perjalanan darat sapinya menggunakan truck. Apa saja hal penting yang sebaiknya diketahui crew truck terutama menghadapi masalah kesehatan sapi dalam perjalanan. Adakah yang perlu ditambaha pada truknya agar sapinya lebih nyaman, saya pernah menyarankan pemberian terpal diatasnya, tapi saudara saya menolak, alasanya nanti kurang sirkulasi udara. Mohon pencerahannya ke email lilia_kj@yahoo.com. terima kasih.

  6. at 3:05 PM

    terimaksih sudah berkunjung bos,..
    yang perlu diketahui crew truk adalah
    (1)Mereka harus paham yang mereka bawa adalah hewan ternak, bukan barang mati, jadi cara membawa kendaraannya juga harus diperhatikan, harus stabil, kecepatan harus stabil, agar goncangan di bak truk yang membawa ternak tidak banyak, kalo banyak ternak bisa cepat mabuk.
    (2)Untuk perjalanan dalam jangka waktu lama, lebih dari 2-4 hari, crew truk juga harus tahu dimana harus berhenti untuk mencari pakan ternak, jika kambing biasanya hijauan di pinggir jalan bisa diambil,(3)Karena harus juga mencari pakan ternak, maka harus dipersiapkan peralatan nya, sabit,golok,pisau,ember untuk memberi minum ternak
    (3)Sediakan obat2an tradisional atau alami jika ternak sakit, biasnaya yang sering terjadi adalah perut kembung atau masuk angin, coba sediakan jahe yang diminumkan atau dioleskan ke perut ternak.
    (4)Agar lebih nyaman lantai truk bisa diberi jerami secukupnya jika ternak akan duduk.
    (5)Untuk menghindari ternak tidak kepanasan bisa diberi terpal yang disesuaikan dengan keadaan trusk supaya angin juga tetap bisa masuk, misalnya bak truk diberi tambahan rangka dari bambu supaya terpal bisa dipasang.

  7. at 3:13 PM

    apa kendalanya mz dalam pengiriman?

  8. at 10:52 PM

    Waahhh…
    Bagus sekali ni infonya.
    Makasih yaa…

  9. sudar
    at 7:27 PM

    pak seandainya saya butuh bibit kambing kacang betina unggul 50 ekor dan 5 ekor jantan untuk beternak usia 16 bulan berapa biaya hrus disediakan sampai di tempat (cilacap barat)

  10. at 2:37 PM

    dari info diatas saya jadi tahu soal kambing,mkasih mas atas infonya.
    ditunggu lagi ya info yg lain

  11. at 11:41 PM

    salam kenal…kami juga menyediakan kambing organik,silahkan buat temen temen kalu mau belajar beternak kambing…dan mungkin kita bisa bekerjasama http://www.youtube.com/watch?v=64u4BVwNKDk

  12. tito
    at 11:25 PM

    mas, mo nanya, ada kontak jasa pengiriman kambing ndak? kambingnya ndak banyak, mungkin sekitar 10 ekor, dari wonogiri – tasikmalaya,

    thx atas bantuannya

  13. at 2:36 PM

    Apakah sudah tersedia pelet untuk kambing? Sedangkan ayam, ikan sudah ada. Trims.

  14. amir
    at 9:38 AM

    Menarik sekali artikel yang anda posting, kebetulan saya lagi kesulitan untuk mengirim ternak kambing dari jateng (pati) ke kalimantan timur (kota bontang), bisakah saya diberikan informasi jasa pengiriman ternak ke kaltim dari jateng, berapa biaya yang harus saya bayar untuk sewa armada, biaya karantina dll. bisakah dalam satu armada truk colt diesel memuat 120-140 ekor kambing kacang/jawa randu dengan bak di susun 3 (kambing dalam kondisi duduk). Saya bisa dihubungi via email azis1582@yahoo.com
    terimakasih – salam peternak –

  15. at 8:15 PM

    Makasih tipsnya mudah”bisa ketularan ilmu dan rezekinya…Amin

  16. ahmad
    at 1:05 PM

    Assalamualaikum,Saya ingin mencari rakan kongsi untuk peternakan lembu atau kambing di Indonesia.Saya dari malaysia, ingin mencari rakan perniagaan untuk memulakan bisnes ini.Insyaalahh.

  17. ahmad
    at 1:06 PM

    Kepada sesiapa yang sudi bolehlah email kepada saya di afairuzibr@gmail.com untuk kita berbincang.

  18. Rusli
    at 6:52 AM

    Mas, saya rencana beli kambing PE/Kacang/jawa saya ingin informasi: 1. harga per ekor untuk yg berat 25-30 kg/ekor ditambah harga bea kirim ke Ambon Provinsi maluku.

  19. at 9:23 PM

    Yth. Bapak / Ibu di Info Ternak

    Saya tertarik dengan artikel mengenai pengiriman kambing keluar negeri.
    Bagaimanakah cara dan prosedur bila saya ingin memasukkan kambing dari luar negeri (malaysia, thailand atau australia)
    Bisakah saya beternak rusa dan dimanakah saya bisa mendapatkan bibit nya
    Saya tunggu informasi nya
    Terimakasih

  20. khairy
    at 3:01 AM

    assalam pak,

    saya mahu beli kambing hitam tapi kakinya putih.
    kaki putih seperti pakai stokin gitu…

    ada kah kambing nya pak??

  21. aang
    at 11:45 PM

    ass.wr.wb pak

    bagai mana cara menangani suara kambing yang mengembik terus sepanjang perjalanan saya bawa dari kuningan jawa barat ke jakarta bawa sekitar 30 ekor tapi sepanjang jalan bunyi terus jadi risih..padahal sebelum berangkat sudah diberi pakan cukup..apa ada trik buat meredam suara kambing agar didak berisik mengembek terus…

  22. aang
    at 11:48 PM

    Ass. pak
    bagaimana cara menangani kambing agar tidak berisik mengembek terus sepanjang jalan. sya kirim dari kuningan ke jakarta…

  23. ahmad
    at 7:51 AM

    Pak tolong minta nomor kontak yg bs di hubungi, saya dari kalimantan, saya lagi mencari suplai kambing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *