Susu sapi liar

Susu sapi liar adalah susu sapi paling joss dibanding susu sapi lain.

TAHUKAH anda susu sapi apa yang paling jos? Ternyata bukan susu dari sapi sembarang sapi.  Sapi liar yang memakan rumput langsung dari tanah, kualitas susunya lima kali lebih bagus dibanding sapi kandang.

Setidaknya itulah hasil riset Harvard School of Publik Health, Boston, Amerika Serikat. Sapi yang mengkonsumsi rumput segar langsung dari tanah, susunya mengandung Conjugated Linoleic Acid (CLA) alias lemak tak jenuh atau senyawa asam linoleat lima kali lebih baik dari susu sapi yang memakan rumput di dalam kandang.

“Karena sapi yang makan di padang rumput menghasilkan CLA yang sangt tinggi, pola makan seperti ini harus dilakukan para peternak,” kata Hanniah Campos, kordinator penelitian itu seperti dikutip Reuters (31/5/2010). Asam linoleat atau CLA, katanya, sangat bermanfaat bagi jantung, dan sangat membantu mengurangi berat tubuh manusia.

Campos bersama rekannya melakukan penelitian besarnya kandungan CLA ini kepada empat ribu koresponden. Mereka diberikan asupan susu dari sapi yang biasa makan di padang rumput. Hasilnya, 36 persen dari koresponden memiliki risiko serangan jantung lebih kecil. Meski koresponden itu menderita tekanan darah tinggi, dan perokok.

Penelitian ini sekaligus kritikan Campos kepada peternak sapi penghasil susu di Amerika Serikat yang kebanyakan memakan rumput di dalam kandang. Campos bersama rekannya bahkan terbang ke Costarika demi penelitian ini. Di sana, sapi-sapi makan di padang rumput. Dan warga mereka yang mengkosumsi susu, memiliki risiko serangan jantung lebih kecil. (**/isp)

sumber : tempo

Share

3 comments for “Susu sapi liar

  1. at 3:36 PM

    Adakah manfaat buat tubuh kita?

  2. at 7:42 PM

    jelas banyak bos,..seperti layaknya susu sapi yang lain,..yang ini seperti susu sapi organik gitu lah,..

  3. at 10:26 AM

    Waaah kira kira 1 hari produksi sampai berapa liter yaa, Luar biasa_ bila lebih dari 2500 Liter barangkali kita bisa bekerjasama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *