Prospek ternak bebek (2)

Di sepanjang jalan raya pantura, di daerah perbatasan Jawa Barat dan Jawa Tengah ini tepatnya di daerah Brebes kita akan menemui toko-toko yang menjual telur asin. Ya telur bebek yang diawetkan dengan cara diasinkan memang dikenal luas dan menjadi ciri khas Kota Brebes. Rasanya yang gurih, legit, dan mengundang selera. Butiran telur yang lebih besar dari telur ayam, rasa yang khas, dan keawetannya membuat telur asin memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Biasanya di kulit telur yang biru kehijauan itu, distempel masa kedaluarsanya.


Lebih dari sejuta telur per hari dihasilkan di peternakan-peternakan itik di Brebes . Ini menunjukkan prospek ternak bebek yang menjanjikan. Apalagi sekarang permintaan pasar tidak hanya telur bebek, tetapi juga bebek potong semakin meningkat. Daging bebek memiliki kekenyalan dan aroma yang khas. Di mana-mana sedang merebak restoran dan warung makan yang menawarkan sajian bebek dengan aneka pilihan menu.

Sentra peternakan itik di Brebes sudah dikenal lama. Awalnya tentu dengan teknologi yang sangat sederhana dan bersifat sambilan. Biasanya itik digembalakan di persawahan dan sungai. Hasilnya pun selain dikonsumsi sendiri juga dijual untuk menambah pendapatan untuk menutup kebutuhan rumahtangga sehari-hari.

Saat ini peternakan itik di Brebes telah berkembang pesat. Ada 10 kelompok tani ternak itik yang menaungi 1.778 peternak itik dengan populasi itik hampir mencapai angka 900.000 ekor. Dengan keuntungan yang memadai dan harga yang relatif stabil, peternakan itik di Brebes terus mengalami peningkatan. Bahkan dari sekadar sambilan, kini peternakan bebek telah menjadi pilihan utama bagi sebagian petani menggeser budi daya bawang merah yang juga menjadi ciri khas Brebes.

Kalkulasinya, peternak bisa mendapat keuntungan dengan memelihara 400 ekor itik. Peternak harus mengeluarkan modal untuk membeli anak itik atau meri senilai Rp 750 sampai dengan Rp 1.000 per ekor. Pada umur enam bulan, itik akan mulai bertelur. Telur yang dihasilkan antara 240-320 butir per-harinya. Harga telur berkisar antara Rp 700 sampai dengan Rp 750 per butirnya. Dengan pendapatan hasil penjualan telur per-harinya minimal Rp 168.000, para peternak bisa menyisihkan keuntungan sekitar Rp 75.000 sampai Rp. 100.000.

Di samping dari daerah asal, itik lokal dikenal berdasarkan daerah pengembangan dan sifat morfologisnya. Ada itik Tegal, itik Alabio, itik Mojosari, dan Itik Maros. Itik adalah unggas yang memiliki ketahanan tubuh yang baik, termasuk tahan terhadap virus flu burung dibandingkan dengan unggas lain. Itik alabio cenderung lebih produktif.

Itik sangat cocok digembalakan di daerah yang memiliki sungai-sungai kecil. Itik yang digembalakan cenderung lebih produktif. Masa produktif itik yang ideal adalah 1 tahun. Produksi telur rata-rata 200-300 butir per-tahun dengan berat rata-rata 70 gram. Biasanya kandang itik dibuat sederhana, dengan dinding bambu dan atap genteng ayag alang-alang. Kandang itik disekat menjadi dua bagian. Satu bagian untuk tempat makan dan bagian lainnya untuk tempat bertelur. Kandang itik harus dibersihkan setiap harinya. Kebersihan dan kenyamanan itk akan sangat berpengaruh pada produktifitasnya.

Sementara itu untuk memenuhi kebutuhan bebek potong, dipenuhi dengan itik jantan atau itik betina yang sudah afkir alias tidak produktif lagi. Itik jantang relatif lebih cepat pertumbuhan fisiknya. Itik jantan sudah bisa mencapai bobot 1,5 kg dalam waktu 2-3 bulan saja. (M. Taufan Agasta/Cahaya Nusantara, November 2007

Baca semua artikel di web-blog Informasi seputar ternak dan dunia peternakan : klik  saja disini untuk daftar artikelnya

Share

18 comments for “Prospek ternak bebek (2)

  1. IBNU KHAJAR
    at 3:13 PM

    Salam kenal semua,…….

    Yang saya tanyakan untuk calon pemula seperti saya,lebih menguntungkan manakah untuk usaha ternak bebek pembuatan bibit ( penetasan ) lalu jual muda atau beli bibit muda lalu di besarkan sampai bertelur.trims

    sukses selalu…….

  2. yudicia
    at 12:35 AM

    Kami peternak Bebek di daerah Madiun dan Magetan saat ini sedang mencari pembeli bebek usia 2 Bln keatas dengan berat 1,2kg lebih dengan stok bs continue bisakah tolong di bantu untuk info dan pemasaran

    trims

    yudicia – 08123132528
    e-mail : judi_hapsoro@yahoo.com

  3. ipulmgalam
    at 8:37 AM

    kami peternak bebek di kabupaten malang untuk semua usia, selain itu kami juga memproduksi telur asin dan menyediakan bebek potong.
    jika anda beminat kirim email ke ay_tartel3@yahoo.co.id.
    terima kasih.

  4. Hartanto HP
    at 8:42 PM

    *** Tepung Ikan Unggulan – Untuk Unggas/Itik Petelur***
    Salam Kenal buat teman-teman peternak bebek di brebes..
    Saya Tanto. Saya bekerja di pabrik Pt. Tepung Emas. Kami Produsen tepung ikan yang berlokasi di jl. Raya bypass krian kav. 101 – Sidoarjo.
    Kami memproduksi tepung ikan dengan kadar protein 45% – 50%. Bahan baku : pilet ikan surimi, ikan petek, ikan tuna dan Bone Meal ( tepung tulang sapi)
    Adapun spek Tepung Ikan :
    – Protein : 45% – Harga : Rp. 4.700/kg
    – Protein : 50% – Harga : Rp. 5.400/kg
    – Moisture ; Max. 12%
    – Kalsium : Min. 10%
    – Phosfor : Min 4%
    – Serat kasar : max. 5%

    Tepung ikan yang kami produksi menggunakan campuran atau tambahan “Bone Meal” untuk menaikkan kadar kalsium.
    Kandungan kalsium (Ca) yang ada pada Tepung Ikan kami hampir sama dengan jumlah kandungan kalsium (Ca) pada MBM. sangat sesuai untuk unggas (Ayam,Itik,Bebek) petelur dan pertumbuhan unggas.
    Kalsium merupakan unsur yang paling esensial dalam pembentukan kulit telur dan untuk menghasilkan kualitas telur terbaik.
    Dengan harga dan kualitas tepung ikan yang baik dari kami, mudah-mudahan bisa membantu peternak dalam meningkatkan produktifitas dan meringankan biaya pembuatan pakan.
    Trima kasih.
    Contack person: TANTO
    Tlip: (031)70889819, 08121740404, 08175003911
    Email : hartanto_te@yahoo.co.id
    YM : hartanto_heru_p@yahoo.co.id
    – Untuk awal pemesanan dan untuk pembuktian akan kualitas tepung ikan kami, pemesanan order bisa 1 ton.
    – Kami siap mengirim contoh tepung ikannya (beserta hasil analisa dari UNER) ke alamat Bpk/Ibu.
    – Selama penggunaan tepung ikan kami, kami akan selalu berkomunikasi dengan pelanggan kami.
    *** Selamat mencoba***

  5. lana evolotion
    at 4:53 PM

    bos cemana klo bebeknya gak di gembalan apa prokduktifitasnya gak baek, btw klo gak digembalakan tolong kasih solusinya

  6. at 10:29 AM

    semua jenis usaha sebernenya prospek’a bagus asal dijalanin dengan sungguh2

  7. karel
    at 4:11 PM

    saya peternak pemula di daera jakarta timur ingin mencari pembeli bagi bebek-bebek yg usianya 2 bulan.karena menurut pengalaman setelah usia 2 bulan di kandang kami perkembanganya kurnag bagus.jadi pilihan jual diusia itu akan memaksimalkan keuntungan.

  8. putra
    at 10:13 PM

    Ma’af mau numpang memperkenalkan pakan untuk bebek. Saya ada pakan bebek dengan protein 22% dan juga ada kandungan asam amino. Harga 4000/kg, kemasan 50 kg. Bagi yang berminat hub 085292294606.

    Terima kasih.

  9. Hartanto HP
    at 11:36 PM

    Sentrat Bebek Petelur
    Warna Telur Merah
    Harga Rp. 245.000/sak

    – Kadar Air Max. 12%
    – Protein Min. 32%
    – Lemak Kasar 2 – 5 %
    – Serat Kasar Max. 5%
    – Abu Max. 40%
    – Kalsium 10-12%
    -Phosfor 1,2 – 1,5

    CV. Tepung Emas
    Contack Person : TANTO
    Tilp: 031-70889819,08121740404,08175003911
    Email: hartanto_te@yahoo.co.id
    YM : hartanto_heru_p@yahoo.co.id

  10. sand
    at 2:59 AM

    wah ini pada bisnis semua ni???

  11. wahyu novi
    at 7:00 PM

    salam kenal., saya mau cari bebek segala umur&telur bebek di area madiun.bila ada yg berminat tolong hubungi di nomor tlpn saya.(081235591802)
    untuk bebek tolong diberi keterangan umur,berat&harganya

    terimakasih

  12. Raffa
    at 2:20 PM

    Saya peternak pemula daerah Ngawi… mohon info harga dan sistem penjualan bebek di daerah madiun…. saat ini ternak kami udah siap panen… Bagi yg berminat bekerjasama hub nohp 085736263330

  13. Raffa
    at 2:21 PM

    Saat ini kami beternak bebek padaging…

  14. Nugroho Soeripto
    at 5:21 PM

    Salam kenal dan Kwek-kwek utk semua, Tolong bantu saya membeli DOD bebek pedaging terseleksi, jumlah tdk banyak hanya rata2 (uji coba) 250s/d 300 ekor @bln, kandang ada di Kab Subang Jabar, Wassalam

  15. Oda
    at 3:22 PM

    Salam kenal, Kami tinggal didaerah terpencil dan terus terang sy tertarik utk menjadi peternak bebek, hanya saja kendalanya mendatangkan bebek dari jawa ini mengingat jarak tempuh by darat mencapai 4 hari perjalanan. Klu saya datangkan telur untuk selanjutnya saya tetaskan, adakah yang berkenan untuk bs mensuplai secara continue. Tks bantuannya

  16. Mzbontot
    at 10:12 AM

    Saya ingin mulai usaha ternak itik petelur tapi saya tidak tahu bagaimana cara membeli/mendapatkan bibit dan voernya.
    Kalo ada yang jual bisa hubungi saya 087781356645
    alamat desa rungkang, kecamatan losari, kab brebes

  17. triyono
    at 3:07 PM

    minta alamat ternakya?yg lengkap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *