Perdagangan kambing etawa secara online (2)

Malaysia adalah market yang saya bidik untuk berjualan kambing etawa secara online. Kenapa Malaysia ?? Karena pasar disana mulai berkembang. Pada saat itu perhatian dari pemerintah Malaysia sangat bagus. Melalui beberapa bank, mereka memberikan kredit kepada para peternak pemula. Juga tentunya karena profit yang lebih besar daripada  jika saya berjualan di pasar lokal Indonesia.

Bisa diperkirakan keuntungan yang bisa diperoleh. Jika berjualan di pasar lokal Indonesia saya hanya bisa berjualan beberapa ekor kambing saja, tapi jika berjualan ke Malaysia saya bisa menjual kira-kira sekitar 500 ekor/bulan. Lumayan kan.

Tapi tentunya pada awal nya saya juga berpikir bagaimana caranya berjualan antar negara. Kita harus punya strategi yang tepat untuk memulainya.

Pada awalnya banyak kawan yang sempat pesimis karena banyak yang menyangsikan prospek berjualan kambing secara online, apalagi itu antar negara. Belum banyak yang memakai cara online untuk berjualan kambing pada awal tahun 2006.

Tapi setelah melakukan riset, saya percaya bahwa berjualan kambing antar Negara secara online prospeknya sangat bagus. Karena para peternak baru di Malaysia pada saat itu mulai beralih dari generasi pertama ( yang tidak melek dan paham dengan teknologi ) ke generasi ke dua ( yang sangat paham dengan teknologi ). Generasi ke dua ini sudah mulai memanfaatkan Internet. Walaupun awalnya hanya sebagai media mereka berinteraksi dengan peternak lain, tetapi saya yakin, hanya menunggu waktu, bagi mereka untuk bisa dan mau secara aktif menggunakan media Internet.

Strategi yang saya pakai untuk memperkenalkan diri pada awalnya mungkin bisa diartikan seperti spaming. Ya, karena saya mengirim email, ke hampir semua email peternak di Malaysia. Email tersebut saya dapat dengan jalan browsing ke blog atau website para peternak. Dan saya juga secara aktif berinteraksi  dengan mereka melalui chatting. Bukan email saja yang saya kirim, kalau mereka menyertakan nomer hp di blog , saya juga kirimi sms.

Kadangkala saya juga tidak secara langsung berinteraksi dengan para peternak itu, dalam banyak kesempatan saya hanya berinteraksi dengan orang yang memiliki hubungan dekat ke peternak itu, seperti saudara atau anaknya.

Para peternak senior tersebut kemudian mendapat masukan dari anak atau saudaranya tersebut kemudian baru ke saya. Ya, mereka mempromosikan saya. Lebih tepatnya mereka mempromosikan bahwa lebih gampang kalau berhubungan dengan melalui media internet. Mereka secara cepat dapat melihat informasi yang memuat foto dan harga dari sample kambing yang akan dibeli. Memakan sedikit biaya dibandingkan jika mereka harus secara langsung dating ke Indonesia. Kadangkala harga pun di negosiasikan melalui chatting tersebut. Mungkin tidak 100% melalui internet karena saya juga menggunakan media sms.

Saya melakukan hal tersebut selama 1 bulan penuh. Order saya dapat di bulan ke 2. Salah satu peternak dari Malaysia ( yang juga kebetulan mulai memakai dan mengembangkan bisnis penjualan kambing melalui media internet ) berkunjung ke peternakan saya. Sebelumnya kami berinteraksi melalui email. Dan kadangkala chatting di YM. Setelah melihat secara langsung sample kambing yang sebelumnya meraka lihat melalui foto yang saya kirimkan, setelah berkunjung mereka langsung membuat kontrak pembelian dengan saya.

Saya harus datang secara langsung ke Malaysia, itu adalah salah satu tata cara penjualan yang saya terapkan. Jadi ketika kambing yang dibeli oleh peternak Malaysia dari saya tersebut sampai ke Malaysia ( mengenai tata cara penjualan antar Negara akan saya ceritakan di artikel lain ) saya harus hadir secara langsung di pelabuhan. Pada saat saya berkunjung ke Malaysia tersebutlah banyak yang kontrak penjualan yang saya dapat. Karena sebelumnya saya hanya berinteraksi secara online maka pada saat itu saya “kopdar” dengan mereka.

Kalau pada saat awalnya saya melakukan email dan sms spaming, maka pada saat berkunjung ke Malaysia saya berkunjung ke sebanyak banyaknya peternakan yang ada disana. Baik peternak yang saya kenal lewat media internet ataupun yang saya kenal melalui referensi teman  baru saya disana. Disaat itulah saya menyebar banyak brosur usaha saya ke mereka. Hasilnya luar biasa. Banyak dari mereka yang awalnya belum memakai media internet setelah itu karena ingin berinteraksi dengan saya maka mereka mulai memakai media internet.

Keuntungan saya dapat sangat sangat lumayan. Minimal dalam satu bulan saya bisa menjual dan mengirim 500 ekor kambing, baik dari jenis kambing etawa ataupun jenis kambing jawa randu.

artikel lain ::

permulaan menemukan peluang export kambing

tips mengirim kambing dalam waktu lama

Share

20 comments for “Perdagangan kambing etawa secara online (2)

  1. nefosia
    at 3:26 PM

    Mohon bantuan bagaimana mencari bibit unggul dan alamat telp bapak , trimakasih

  2. at 5:21 AM

    bibit unggul untuk jenis kambing/sapi apa pak??

  3. DODI CHANDRA
    at 9:17 PM

    Saya akan jual 1 ekor jantan Rp 5.5 jt
    2 ekor betina produksi @ Rp 3.8 jt
    2 ekor betina bunting @ Rp 3.8 jt

    Bisa bantu saya agar cepat terjual.
    Alamat Bandung. 022 77850588, 088218226467

  4. Arif NK
    at 9:48 AM

    Terima kasih sekali atas info tip dn trik yang dipaparkan mas Erlangga, sangat menambah wawasan sy.

  5. at 3:13 PM

    Oke juga nich…

  6. at 4:22 PM

    akhirnya ketemu juga caranya disini :)

  7. yusqi
    at 1:29 PM

    saya pny sekitar 70 ekor kambing selama ini saya hanya mengandalkan momen idul adha aja jualnya.saya ingin supaya setiap bulannya ada penjualan gmn caranya y??kandang saya ada d kota gresik..terima kasih (HP:085645155995/081331505059)

  8. Mbak Kanthi
    at 2:59 PM

    Saya seorang peternak kambing Etawa, lokasi di kota Tegal Jawa tengah, sekarang ada 15 ekor yang ada di kandang. Semuanya dalam kondisi sehat.
    Saya kesulitan untuk menjual Etawa saya tersebut,dikarenakan kondisi di Kota Tegal kurang ada peminatnya.
    Saya mohon bantuannya bagaimana caranya untuk dapat menjual Kambing saya tersebut. Untuk informasi dapat dihubungi di nomor telp. 0283 – 352006 atau di Hp. 087830241423

  9. at 9:24 AM

    Alhamdulillah sekarang sudah ada kandang kambing Composites.Dengan teknologi Composites ini banyak keuntungan yang diperoleh para peternak kambing etawa.keuntungan kandang composites ini sbb:

    1. Mudah membuat dan merakitnya karena menggunakan teknologi serat alam dan penguatan plastik termosetting
    2. Kandang kambing dapat di bongkar pasang(knockdown) serta ekonomis untuk tanah yang disewa karena bisa berpindah pindah dengan cost to reinstall yang rendah.
    3. Life- Cycle (membuat nilai ekonomis yang tinggi karena penyusutan tahunan yang rendah

    Untuk mensupply kandang composites sejenis ke para peternak didalam dan diluar negri kini terbuka.
    kandang berbasis composites yang datang ke kami kini bukan hannya untuk kambing saja,tetapi juga untuk kandang ayam dan kandang sapi

    Hub kami: Whisnu 08568970008 – 085694085998

  10. riadi boiman
    at 2:03 PM

    boleh bgabung suflai kambing ngk dan saya juga punya kambing boerawa ..tolong beri kisaran harga jualnya boerawa f1

  11. riadi boiman
    at 2:05 PM

    ini no tlpon saya 08994454615

  12. at 1:53 PM

    terima kasih banyak sudah berbagi,.
    moga sukses selalu.

  13. irawan
    at 4:32 PM

    salam kenal,

    saya irawan, peternakan saya di kab Semarang, sekarang ini saya dalam proses blajar beternak kambing etawa dan domba. Saya salut sekali dengan keberhasilan Bapak, Bisa saya dapat no HP ?pakah anda juga memerima kambing Etawa?spec yang diterima yg bagaimana?terimakasih

  14. sunaryo
    at 3:59 PM

    Saya punya kwalitas kontes anak juara jantan n betina di kediri
    Kontak person 082139537194

  15. at 12:00 PM

    ALAMAT:JATEN-SELOTAPAK
    TRAWAS-MOJOKERTO

  16. edi
    at 8:49 PM

    Salam Kenal,

    Informasinya sangat menarik dan inspiratif untuk dipraktikan.

    Terinmakasih

  17. at 11:43 AM

    saya menjual makanan ternak dari bahan kue kue kering yang sudah di giling.jika ada minat hubungi di kontak e-mail.kambojabunga30@yahoo.co.id

  18. ALI IMRON
    at 9:11 AM

    TANYA alamat bapak dimana dan nomer tilpon yang mudah dihubungi.KALAU KERJA SAMA BISA NGGAK?

  19. nung
    at 8:07 AM

    sya mempunyai kambing etawa jumlah’y ada 70 ekor , sya d daerah kab. Bandung barat , dan akan menjual smua kambing’y ,barangkali bpa bisa memberi kpda sya saran bagai mana menjual n kepada siapa d jual’y , terimaksi sebelum’y

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *