Pentingnya vitamin dan mineral untuk ternak

Banyak peternak yang pastinya paham, mengenai pentingnya vitamin dan mineral untuk ternak, agar lebih paham, kami akan mengulasnya lebih jauh disini.

Vitamin dan mineral merupakan nutrisi atau substansi organik yang dibutuhkan untuk pertumbuhan hewan ternak, nutrisi tersebut mendukung tidak saja pertumbuhan, melainkan juga membantu menjalankan setiap fungsi alami dari sistem tubuh. Dapat juga menjaga pemeliharaan kesehatan semua sistem. Nutrisi didapatkan dari makanan dan cairan yang selanjutnya diasimilasi oleh tubuh.

Berbagai nutrisi yang dibutuhkan ternak antar lain: Energi, protein, mineral, kalsium, fosfor vitamin dan air.

 Pakan ternak terbaik untuk sapi  adalah yang dapat memenuhi protein, karbohidrat, lemak,vitamin, dan mineral. Protein berfungsi untuk mengganti sel-sel yang telah rusak, membentuk sel-sel tubuh baru dan sumber energi. Karbohidrat berfungsi untuk sebagai sumber energi dan pembentukan lemak tubuh. Lemak berfungsi untuk pembawa Vitamin A-D-E dan juga sebagai sumber energi. Penting bagi anda para peternak untuk lebih memahami mengenai pentingnya vitamin dan mineral untuk ternak.

Kami menyediakan vitamin A-D-E untuk mengoptimalkan pertumbuhan ternak anda, baik itu sapi, kambing ataupun hewan ternak yang lain

Vitamin A-D-E sangat dibutuhkan bagi pertumbuhan ternak yang optimal, jika asupan dari vitamin A,D,E bagi ternak tidak maksimal maka akan menimbulkan banyak gangguan dan penyakit. Vitamin yang baik adalah vitamin yang tersedia dalam pakan yang dikonsumsi oleh hewan ternak.

VITAMIN A-D-E

Vitamin ternak optimalkan pertumbuhan ternak anda. Jenis vitamin yang paling dibutuhkan oleh tubuh ternak yaitu Vitamin A-D-E, pertumbuhan ternak anda akan menjadi optimal, jika asupan vitamin A-D-E bagi ternak tidak maksimal maka akan menimbulkan banyak gangguan dan penyakit. Vitamin ternak yang baik adalah vitamin yang tersedia dalam pakan yang dikonsumsi oleh hewan ternak.

Ternak sapi yang di gemukkan secara intensif (kereman) dan ful intensif (dry lot Fattening) lapisan lemak dapat menyeliputi serabut otot sehingga tekstur daging otot menjadi lembut (kualitas terbaik). Zat Mineral di perlukan agar supaya pembentukan jaringan tulang dan urat serta mempermudah proses pencernaan dan penyerapan zat-zat makanan. Asupan vitamin berfungsi untuk mempertahankan kekuatan tubuh dan kondisi kesehatan.

Fungsi Vitamin Untuk Ternak :

Zat Mineral merupakan zat yang sangat diperlukan untuk pertumbuhan dan kesehatan hewan ternak sapi dan kambing, jika kekurangan zat mineral ini maka pertumbuhan dan kesehatan hewan ternak  sapi dan kambing akan terganggu.Pentingnya vitamin dan mineral untuk ternak akan bias dipahami bagi para peternak yang mengerti benar makna pertumbuhan dan kesehatan ternaknya.

MINERAL SUPER

Beberapa jenis mineral merupakan elemen inorganic yang dibutuhkan oleh ternak untuk proses pertumbuhan dan reproduksi. Jumlahnya memang hanya sedikit, namun komposisi semua jenis mineral yang ada harus tepat. Harus selalu ada dalam kompisisi yang tepat agar keseimbangan tubuh tetap terjaga. Berdasarkan kegunaanya dalam aktifitas hidup ternak, maka mineral dapat dibagi menjadi golongan esensial dan non esensial.

Fungsi mineral pada hewan ternak

Pentingnya vitamin dan mineral untuk ternak haruslah benar benar disadari oleh para peternak, karena pertumbuhan ternak sangatlah mempengaruhi jalannya bisnis peternakan yang anda jalankan saat ini.

Share

5 comments for “Pentingnya vitamin dan mineral untuk ternak

  1. at 4:38 PM

    Wahh hewan ternak juga pake vitamin yah ahahaha 😀

  2. at 3:39 PM

    Memang dalam berternak tidak hanya memberi pakan saja, vitamin untuk menjaga kesehatan ternak sehingga tidak mudah sakit dan menghindari menularkan penyakit menjadi peran penting para peternak

  3. gps
    at 3:41 PM

    Vitamin ternak akan menghasilkan kualitas susu ternak yang baik juga.

  4. at 7:32 AM

    Paling tidak, ternak yang dikasih cukup vitamin akan menghasilkan bobot dan nilai jual tinggi dari hewan ternak itu sendiri.

  5. at 3:01 PM

    hhmmm…. sepertinya semua makhluk hidup memang butuh vitamin, bukan manusia aja ^_^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *