Ngepop nya Susu Kambing, seperti juga ngepop nya musik pop Indonesia

Nge”pop” nya Susu Kambing, seperti juga nge”pop”nya musik pop Indonesia, ngga percaya?coba aja tanya yg jualan susu kambing bener apa nggak nih,…?

Dari populernya susu kambing di masyarakat, para peternak kambing perah mendapatkan income yang regular,ya regular setiap hari,….jika peternakan kambing kita menghasilkan 10 liter susu sehari, dan kita menjual “fresh”  dengan harga jual per liter Rp.25 ribu, jadi total per hari hasil penjualan kita Rp250ribu, jadi klo sebulan bisa dihitung, dikurangi biaya produksi, paling tidak kita bisa mengantongi sekitar Rp.4jt/bulan,..mantab….

Peluang ini menjadi lebih besar lagi jika kita mengkonversikan susu kambing fresh tadi mejadi susu kambing bubuk, karena kita bisa melayani konsumen yang lokasinya jauh dari lokasi peternakan kita.

Biaya investasi juga tidak sebesar biaya investasi peternakan khusus untuk breeding. Harga kambing perah relatif lebih murah dari pada kambing untuk breeding.

Padahal dahulu sekitar tahun 2006 waktu saya mulai berjualan, jangankan menjual susu kambing itu meminta orang untuk mencoba susu kambing saja susahnya minta ampun. Apalagi meminta mereka untuk membeli. “ Susu Kambing?,iiiieeehhh ” Ya seperti begitulah dahulu respon mereka,… Walaupun sebetul nya di beberapa daerah sudah dikenal sebelum tahun 2006, tapi belum popular secara nasional. Coba saja dibandingkan dengan saat ini. Sangat jauh bedanya,

Ibaratnya sekarang susu kambing ini sudah “ngepop”

Tidak banyak orang tau bagaimana prosesnya susu kambing menjadi popular seperti sekarang ini. Tidak banyak yang tau juga bagaimana caranya. Dan tidak sembarang orang yang paham bagaimana caranya membuat produk selain susu kambing menjadi popular seperti apa yang dialami susu kambing ini.

Coba sedikit kita bahas, agar anda para peternak yang beruntung tidak hanya membaca soal tips dan trik beternak saja, tapi juga membaca artikel mengenai pemasaran ternak.

Pada mulanya ( tahun nya tidak begitu jelas, tapi yang jelas pada sekitar tahun 2000an) susu kambing memang sudah dikenal, tapi dikenal di kalangan peternak saja, mula mula yang mencoba mengembangkan adalah dinas peternakan. Dinas peternakan memberi penyuluhan dan pelatihan kepada kelompok kelompok peternak kambing etawa. Setelah usaha tersebut menghasilkan output produk susu kambing, sayangnya tidak pula diusahakan untuk membuat pasar dari susu kambing itu. Mungkin juga sudah dilakukan tetapi caranya kurang pas.

Pasar atau khalayak memang sudah berusaha diberi pembelajaran atau infomasi mengenai susu kambing itu. Tapi apa caranya sudah pas. Pas atau tidak yang menilai hasilnya, ya masyarakat. Agak mampet emang hasilnya.

Baru kemudian setelah perkembangan pemakai internet mulai booming sekitar tahun 2003.

Cepat seperti kita berkendara di Jakarta pada hari lebaran, seperti itulah pertumbuhan pengguna internet sejak saat itu.

Begitu pula dengan dunia peternakan, walaupun belum optimal tahun 2005 saya mulai membawa kambing ke dunia maya ini. Sudah ada beberapa rekan memang, yang mulai mengiklankan soal per-kambingan. Ya baru sebatas iklan, belum dibahas seperti sekarang. Karena kemampuan saya terbatas dan memang tujuan nya hanya berjualan, dan tidak konsisten nya saya di dunia Maya ini. Tujuan saya adalah  mendapatkan profit dari penjualan/export kambing ke Malaysia. Jadi segala cara dilakukan. Website yang saya buat ya ala kadarnya saja ( walaupun ala kadarnya tapi hasilnya memuaskan ).

Pada tahun tahun tersebut saya sudah menjumpai beberapa website/blog yang membahas mengenai susu kambing.  Begitu juga dengan para peternak lain yang mulai online di internet.

Mulai tahun 2007 mulai dikenal secara luas Kambing Etawa, tahun itu ditandai dengan berlombanya Kambing Etawa dengan Jemani di dunia PopMarketing. Drag Race dimenangkan oleh Jemani/Anthurium. Sedangkan Rally nya belum finish sampe sekarang, sementara pemenangnya Kambing Etawa.

Kemudian Friendster setelahnya Facebook,..dan lambat tapi pasti Blog. Masuklah dunia peternakan ke dalamnya, Para peternak yang kerasukan roh online, membawa kambing tersayangnya menjadi sesuatu yang “harkat dan martabatnya” berbeda dengan sebelumnya.

Mengikuti pula produk turunan dari kambing tadi,..Search engine dibanjiri dengan keyword “susu kambing”. Masyarakat jadi mengenal khasiat dan manfaat dari susu kambing ini. Para peternak kambing yang memerah kambing nya mulai beriklan. MENG-EDUKASI pasar secara masal.

Jadilah susu kambing seperti sekarang ini.  Kalau dulu orang tidak mau mencoba walaupun dibayar, mereka sekarang rela antri untuk mendapatkan nya. Kalau dulu peternak bingung untuk memasarkan nya, sekarang peternak bingung bagaimana nambah hasil produksi susunya.

Sebetulnya banyak kerja keras orang yang terlibat di dalamnya yang kita sama sama tidak tahu apa saja yang sudah mereka lakukan, “para pahlawan” dunia per susu kambing-an. Mari kita hormati mereka dengan menambah terus produksi susu untuk tidak menyepelekan raja kita. PARA KONSUMEN.

Maju terus dunia peternakan Indonesia. Kita selalu “anti krisis ekonomi”

Bebasnya dunia perdagangan membikin kita semakin tangguh dalam menghadapi perkembangan zaman.

Sebaikya anda baca juga :

Profit cepat dari beternak kambing perah

Tips menjual kambing 500 ekor/bulan

Apa sih susu kambing?

Khasiat dan manfaat susu kambing

Share

11 comments for “Ngepop nya Susu Kambing, seperti juga ngepop nya musik pop Indonesia

  1. at 10:42 AM

    write in english sometimes,…

  2. at 2:04 PM

    wah, susu kambing perlu terus disosialisasikan kepada masyarakat agar lebih dikenal, sebab selama ini mereka rata2 mengonsumsi susu sapi.

  3. at 5:14 AM

    proses sosialisanya sudah berjalan walaupun perlahan pak,..

  4. at 7:32 PM

    Nabi Muhammad suka susu kambing ketimbang susu sapi (ya iyalah di padang pasir jarang sapi…hehe)

  5. at 3:21 PM

    susu kambing termasuk juga susu yang kaya vitamin buat tubuh kita

  6. abu mubdi
    at 9:13 AM

    ABU MUBDI FARM
    Kami dari peternakan Abu Mubdi mnyediakan susu kambing etawa berkualitas baik, tersedia Raw Milk kemasan plastik 200 ml dan Aneka Rasa (Rempah,MaduKurma,Cappucino,Coklat dan Stroberi) Hubungi Kami:
    021-95521594 / 0818826363 / 081586849980 (said)

  7. at 12:38 AM

    100% murni susu kambing murni
    http://www.sukamilk.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *