MANFAAT DAUN KATUK BAGI KESEHATAN DAN PRODUKTIVITAS TERNAK

Manfaat daun katuk bagi kesehatan dan produktivitas ternak harus di populerkan kepada para peternak sebab Indonesia dengan kekayaan keanekaragaman hayatinya, mempunyai potensi yang sangat besar untuk menyediakan obat alami untuk ternak, mengingat banyak tumbuhan obat yang tumbuh dengan baik. Sejak jaman dulu bangsa Indonesia telah mengenal tumbuhan obat dan memanfaatkannya untuk menjaga kesehatan hewan ternak dan obat alami  penyakit hewan ternak seperti kambing dan sapi. Pemanfaatan tumbuhan obat tersebut diperoleh berdasarkan empirik dan pengalaman yang diturunkan dari nenek moyang kita.

Salah satu tumbuhan obat yang berpotensi besar namun belum banyak dilirik dan dikembangkan sebagai komoditas unggulan adalah daun katuk (Sauropus androgynus).

Komposisi Gizi Daun Katuk

Daun katuk kaya akan besi, provitamin A dalam bentuk ?-carotene, vitamin C, minyak sayur, protein dan mineral lainnya.

Daun katuk tua terkandung air 10,8%, lemak 20,8%, protein kasar, 15.0%, serat kasar 31,2%, abu 12,7%, dan BETN 10.2%.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam tepung daun katuk mengandung air 12%, abu 8,91%, lemak 26,32%, protein 23,13%, karbohidrat 29,64%, ?-carotene (mg/100 g) 165,05 dan energi (kal) 134,10.

Daun Katuk sebagai Antikuman

Hasil penelitian menunjukkan bahwa daun katuk juga mempunyai sifat antikuman dan antiprotozoa.

Daun katuk diekstrak dengan air panas mampu menurunkan jumlah Salmonella sp., Escherichia coli dan Streptococcus sp, tetapi tidak menurunkan jumlah Bacillus subtilis dan Lactobacillus sp. pada kotoran ayam broiler. Bahkan pada level pemberian 1,5 g/l air ekstrak tersebut mampu meningkatkan jumlah Lactobacillus sp dan Bacillus subtilis. Lactobacillus sp merupakan salah satu mikrobia efektif, yang mempunyai peranan penting dalam kesehatan baik pada manusia, hewan ternak maupun tumbuhan.

Kotoran hewan ternak yang banyak mengandung Lactobacillus sp. ini merupakan bahan pupuk organik yang sangat baik serta dapat memperbaiki struktur tanah. Mereka juga dapat memperbaiki produktivitas tanaman. Selain itu, mereka mempunyai peranan penting dalam menurunkan logam berat pada suatu bahan.

Pemberian ekstrak daun katuk sebesar 18 g/kg ransum juga menurunkan jumlah Salmonella sp dan Escherichia coli pada daging ayam broiler. Penurunan Salmonella sp. baik pada daging dan kotoran hewan ternak merupakan indikasi bahwa tingkat  kontaminasi produk olahan hewan ternak dapat ditekan dengan pemberian ekstrak daun katuk. Dengan demikian, kemungkinan konsumen terkena penyakit akibat mengkonsumsi daging menjadi berkurang. Pemberian ekstrak daun katuk pada ayam petelur juga mampu menekan jumlah  Salmonella sp., Staphylococcus sp., Escherichia coli pada kotoran ayam petelur.

Katuk Pelancar ASI

Dari pengalaman empirik, daun katuk memiliki khasiat memperlancar produksi susu pada hewan. Injeksikan ekstrak daun katuk kepada kelinci terbukti meningkatkan produksi air susu. Injeksi ekstrak daun katuk juga mampu meningkatkan produksi air susu  pada kambing perah sebesar 20%. Injeksi ekstrak ini tidak mengubah kadar lemak, protein dan bahan kering tanpa lemak air susu kambing. Pada aktivitas metabolisme glukosa terjadi peningkatan sebesar lebih dari 50% yang berarti kelenjar ambing bekerja lebih ekstra untuk mensintesis air susu.

Oleh karena daun katuk kaya akan Beta-carotene, maka konsumsi daun katuk dalam jumlah tertentu diduga akan meningkatkan kadar vitamin A dalam susu. Selain itu dapat memperkaya kadar vitamin C dan mineral terutama zat besi.

Daun Katuk sebagai Antilemak

Pemberian tepung daun sebanyak 30 g/kg ransum memberikan akumulasi lemak yang terendah. Turunnya akumulasi lemak oleh katuk diduga disebabkan oleh zat aktif yang ada dalam daun katuk. Daun katuk mengandung flavonoid, saponin dan tanin. Telah diketahui bahwa ketiga zat tersebut mempunyai khasiat untuk menurunkan akumulasi lemak. Pada daging hewan ternak

Diperoleh hasil bahwa pada ayam broiler pemberian ekstrak daun katuk sebesar 18 g/kg ransum selama 28 hari memberikan akumulasi lemak yang paling rendah. Sementara Gusmawati (2000) menunjukkan bahwa pemberian ekstrak daun katuk sebesar 18 g/kg ransum selama 2 minggu sangat efektif untuk meningkatkan efisiensi  penggunaan pakan dan meningkatkan keuntungan peternak.

Peningkatan Performans Ayam Pedaging

Ternyata pemberian ekstrak daun katuk cenderung meningkatkan pertambahan berat badan dan menurunkan konversi pakan pada hewan ternak. Penurunan konversi pakan dan peningkatan pertambahan berat badan dapat dijelaskan oleh karena diduga kandungan tanin dan saponin dalam ekstrak menurun dikarenakan proses perebusan dalam air panas. Namun demikian, pada level pemberian tertentu konsumsi pakan hewan ternak masih cenderung turun.

Pada penelitian selanjutnya ekstrak daun katuk ditambahkan ke dalam pakan hewan ternak komersial sebanyak 18 g/kg pakan. Pemberian ekstrak daun katuk yang disuplementasi ke dalam pakan ayam broiler sebesar 18 g/kg pakan memberikan pertambahan berat badan optimal dengan konversi pakan terendah. Namun, pemberian ekstrak tersebut menurunkan konsumsi pakan hewan  ternak. Pemberian ekstrak daun katuk sebesar 18 g/kg ransum selama 2 minggu dari umur 28-42 hari cenderung meningkatkan pertambahan berat badan ayam broiler dan menurunkan konversi pakan atau meningkatkan efisiensi penggunaan pakan serta memberikan keuntungan yang lebih besar sebanyak RP 278,-/ekor.

Share

12 comments for “MANFAAT DAUN KATUK BAGI KESEHATAN DAN PRODUKTIVITAS TERNAK

  1. Yanto
    at 11:38 AM

    Artikel ini bermanfaat sekali buat saya , ada satu pertanyaan dari saya bagaimana cara untuk mengekstrak daun katuk tersebut? Terima kasih

  2. at 3:40 PM

    Daun Katuk dapat kita dapet dimana yach end khasiat apa yang ada di daun ini?

  3. at 7:38 PM

    banyak disekitaran kita bos,..biasanya kalo ibu2 menyusui bayinya kan sering mengkonsumsi daun katuk supaya asi nya tambah banyak,..

  4. pri menix dey
    at 7:04 AM

    ternak juga seperti manusia,…??!?!?

  5. at 2:48 PM

    Selain daunnya enak rupanya bermanfaat juga buat kesehatan. Trims infonya

  6. Dejums
    at 2:43 PM

    terimakasih atas informasinya …. sangat bermanfaat bagi saya,
    mohon pencerahaanya : saya ada masalah dengan salah satu kambing saya,
    ceritanya kambing saya ini sudah hamil -+4bln, tetapi mendadak kambing ini tidak mau makan sama sekali (3hari), kira2 kambing ini terserang penyakit apa ya ? dan bagaimana pengobatanya ya ?
    terimakasih banyak

  7. yusron
    at 2:52 PM

    oh ternyata bagus banget yaa,rasanya segar tp manfaatnya luarbiasa
    Rabbanaa maa khalaqta haadaa bathilaa (tdk ada yg sia-sia apa yng Allah ciptakan)

  8. winda
    at 1:46 PM

    Sangat bermanfaat, gmna cr pengolahn daun katuknya ? Trim’s

  9. Fu'ad Arisandi
    at 7:38 AM

    cara mengextraknya bagaimana ya?

  10. Cismo
    at 9:13 AM

    Setelah saya baca beberapa kasiat daun katuk bagi peternak, salah satunya menurunkan lemak, apa justru akan menurunkan berat badan ternak itu sendiri

  11. Pradipta Paramita
    at 9:06 AM

    Numpang Lapak Gan

    CV Pradipta paramita – solo menyediakan Jamu ternak herbal ” Jampi Stress A ”

    Jamu ternak herbal JAMPI STRES A (JAMPI STRES Ayam) adalah minuman kesehatan penambah energi untuk ayam pedaging maupun bebek pedanging maupun unggas lain (merpati) yang berupa larutan probiotik hasil fermentasi dari herbal pilihan sehingga menghasilkan suatu produk yang bermanfaat positif bagi uanggas anda dan ramah lingkungan serta sama sekali tidak menimbulkan bahaya resitensi atau efek negarif lainnya bila diberikan secara berlebihan.
    Herbal untuk ternak yang digunakan disamping menambah stamina juga menambah nafsu makan, sehingga ayam/unggas makin sehat dan produksi makin naik dan diiringi mortalitas yang makin menurun.

    Jamu ternak unggas ini diberikan tiap hari pada air minum atau pakan dengan dosis penggunaan 0,5 ml – 1 ml/liter bisa diberikan pada air minum maupun pakan.

    Untuk Produk lainnya kunjungi website kami di :
    http://www.cvpradiptaparamita.com

    Info dan pemesanan ( SMS, Call, Whatsapp ) :
    – 085755652200
    – 081233643247
    – Pin 578c4639

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *