Lele

Lele atau juga disebut dengan ikan Keli adalah binatang sejenis ikan yang hidupnya di air tawar. Tubuhnya licin berbentuk pipih memanjang juga memiliki kumis yang panjang yang mencuat keluar dari sekitar bagian mulutnya.

Di Indonesia lele memiliki banyak nama , berikut diantaranya :

  • Ikan Kalang (Sumatra Barat)
  • Ikan Maut (Gayo dan Aceh)
  • Ikan Kalang Putih (Padang)
  • Ikan Duri (Sumatera Selatan)
  • Ikan Sibakut (Karo)
  • Ikan Pintet, ikan Kaleh (Kalimantan Selatan)
  • Ikan Penang (Kalimantan Timur)
  • Ikan Keling (Makassar)
  • Ikan Cepi (Sulawesi Selatan)
  • Ikan Lele, Wais, dan Lindi (Jawa Tengah)
  • Ikan Wiru (Jawa Barat)

Jika dikelompokkan berdasarkan nama latin nya jenis jenis  lele dapat disebut juga dengan :

  • Jenis lele pertama adalah Clarias Batrachus, jenis inilah yang dikenal oleh orang Jawa sebagai ikan lele, sementara orang Sumatera Barat menyebutnya dengan sebutan Ikan Kalang, Ikan Maut di Sumatera Utara dan Masyarakat Kalimantan Selatan Menyebutnya dengan Ikan Pintet, bisa juga disebut sebagai lele kampung
  • Jenis lele Kedua Clarias Teysmani, Masyarakat Jawa Barat mengenalnya sebagai lele kembang sementara orang padang menyebutnya dengan Kalang Putih.
  • Jenis lele Ketiga Clarias Melanoderma disebut ikan duri oleh masyarakat Sumatera Selatan, Ikan Wais di Jawa Tengah dan Ikan Wiru di Jawa Barat.
  • Jenis lele Keempat Clarias Nieuhofi di pulau Jawa lebih dikenal sebagai ikan Lindi, ikan Limbat di Sumatera Barat dan ikan Kaleh di Kalimantan Selatan.
  • Jenis lele Kelima Clarias Loiacanthus dikenal sebagai ikan keli di Sumatera Barat dan Orang-orang Kalimantan Timur menyebutnya dengan ikan Penang.
  • Jenis lele yang Keenam adalah Clarias Gariepinus, Masyarakat Indonesia dan dalam dunia Ternak Lele lebih dikenal dengan sebutan Lele Dumbo/King Cat Fish, Lele Dumbo adalah jenis lele yang di Import dari Afrika.

 

Penduduk lain Negara juga punya sebutan sendiri sendiri untuk hewan air ini, di Malaysia disebut ikan keli, Di afrika diseban mali, warga Thailand menyebutnya dengan plamond, di Srilangka disebut orang sebagai gura magura, sebutannya bagi masyarakat yang memakai bahasa inggris adalah catfishsiluroidmudfish dan walking catfish.

Nama ilmiah lele adalah Clarias, berasal dari bahsa Yunani chlaros yang berarti lincah, kuat, yankan oleh kemampuannya untuk bergerak dan bertahan hidup di luar air.

Hewan hewan yang termasuk dalam marga clarias dikenal dari badannya yang berbentuk panjang, cenderung pipih, taempunyai sisik seperti umumnya ikan, memiliki sirip di bagian punggung dan sirip anus yang juga berbentuk panjang, terkadang malah menyatu dengan sirip ekor, orang sering membandingkannya dengan sidat yang pendek karena itu. Kepalanya keras dan menulang pada bagian atasnya, memiliki mata yang kecil namun bagian mulut yang lebar yang et di bagian ujung moncong. Ikan lele juga diperlengkapi dengan peraba yang berguna untuk bergerak di bagian air yang cahayanya sedikit, peraba tersebut bek sungut panjang. Sama seperti ikan lele juga memiliki Insang, namun  pada lele insang tersebut memiliki modifikasi pada bagian busur insangnya. Terdapat sepasang patil, yakni duri tulang yang tajam, pada sirip-sirip dadanya

Lele tidak hidup di perairan air asin, atau air payau hanya di air tawar saja ikan keli ini bisa hidup. Kecuali ada yang namanya ikan lele laut namun ikan keli laut tersebut berbeda marga. Hewan ini habitatnya di sungai dengan arus air yang pelan, rawa-rawa, telaga, waduk, sawah yang tergenang air. Bahkan ikan lele bisa hidup pada air yang tercemar, misalkan di got-got dan selokan pembuangan.

Ikan lele bersifat nokturnal, yaitu aktif bergerak mencari makanan pada malam hari. Pada siang hari, ikan lele berdiam diri dan berlindung di tempat-tempat gelap. Di alam, ikan lele masuk masa kawin dan beranak  pada musim penghujan

Ikan lele ini banyak disukai dan dikonsumsi orang. Karena itu telah banyak di biakkan dan diternakkan dalam kolam atau bahkan pada tong-tong. Sudah banyak jenis lele yang dibiakkan orang, jenis jenis lele tersebut sebetulnya didapat dari alam yang merupakan ikan lele liar. Salah satu contohnya seperti lele dumbo yang sebenarnya didatangkan dari Afrika, di Afrika lele dumbo ini adalah lele yang hidup liar.

Di Indonesia budidaya lele ini sedang populer karena banyak orang yang sangat suka untuk mengkonsumsi daging lele. Namun terkadang juga dipakai untuk memperbaiki kualitas air yang rusak dan tercemar. Lele yang ditaruh di tempat-tempat yang kotor harus diberok terlebih dahulu sebelum siap untuk dikonsumsi. Diberok itu ialah maksudnya dipelihara pada air yang mengalir selama beberapa hari dengan maksud untuk membersihkannya.

Banyak juga yang memeliharanya di sawah. Karena lele juga bisa memakan hama hama yang terdapat pada sawah. Sering juga dipelihara di kolam kolam untuk memakan jentik jentik nyamuk.

Lele adalah ikan budidaya air tawar yang sangat banyak digemari. Pembiakkannya meningkat tajam tiap tahun, selama lima tahun terakhir, antara lain karena luasnya pasar bagi lele. Lele disukai konsumen karena berdaging lunak, sedikit tulang, tidak berduri, dan murah. Dari sisi pemban mas aproduksinya , lele relatif tidak memerlukan banyak perawatan dan memiliki masa tunggu panen yang pendek.

Lele ini paling populer dimasak dengan digoreng dan disajikan sebagai pecel lele. Banyak juga yang suka untuk dimasak dan diberi bumbu mangut (mangut lele).

Share

7 comments for “Lele

  1. at 9:04 AM

    menyediakan benih Lele unggulan segala ukuran Jl Mohtar Tabrani gg Alawi – Marga mulya – bekasi

  2. at 4:54 PM

    Bukan hanya di Indonesia, di Malaysia juga banyak yang ternak ikan keli

  3. at 12:01 PM

    Lele Sangkuriang memang Mak Nyus !

  4. Kostaman
    at 12:53 AM

    Saya Kostaman tinggal di kota Bandung ..
    di sini kami menyediakan pakan lele sperti Sosis,kornet,Nageut BS ..
    Jika anda berminat untuk mencoba pakan yang kami sediakan,
    Silajkan Hubungi No di Bawah ini :
    087821208952
    022-91837186
    atau Add Fb Saya icun_aselole@ymail.com

  5. at 1:44 PM

    lele emang enak yah??…

  6. at 12:55 PM

    Terimaksih informasinya

  7. at 9:34 AM

    saya rasa budidaya ikan lele menjadi salah satu yg menarik minat saya, banyak sekali warung pecel lele yg buka … hehehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *