Kambing Saanen

Kambing Saanen, namanya diambil dari daerah asalnya, yakni di lembah Saanen, Negara Swiss. Kambing Saanen ini adalah kambing yang di pelihara atau diternakkan untuk diambil susunya.

Kambing Saanen ini adalah jenis kambing perah yang tubuhnya termasuk besar. Dimana jenis jantan nya bisa mempunyai berat kira-kira  90 kg dan betina  60kg. Jantan tingginya kira-kira 90cm, sedangkan betina 80 cm. Berat lahir anak kambing saanen adalah 3 kg untuk jantan dan 3.3 kg untuk betina.

Kambing Saanen betina memproduksi susu sampai dengan 3.8 liter per hari.Kandungan lemak susunya bisa mencapai 2.5% – 3%. Sama dengan kambing Alpines, kambing saanen ini dipelihara sebagai kambing perah yang popular di Eropa. Per tahun nya kambing saanen betina dapat menghasilkan anak 1 – 2 ekor.

Kambing saanen memiliki perilaku yang tenang dan kalem. Karena itulah kambing saanen sangat mudah untuk dipelihara. Kadangkala kambing saanen ini juga sering ditampilkan dalam pertunjukan sirkus, untuk memainkan atraksi atraksi kecakapan.

Warna bulu yang popular adalah putih, kadangkala juga bisa dijumpai kambing saanen berwarna krem. Tulang yang panjang dan besar adalah salah satu ciri khasnya, Telinganya tegak, hidung lurus, Jantan dan betina biasanya memiliki janggut – sering kali janggut ini dipangkas dalam pertunjukan, baik jantan ataupun betina memiliki tanduk.

Kambing perah ini sensitive terhadap sinar matahari yang berlebihan, kondisi kesehatan yang terbaik dicapai jika kambing hidup di daerah dingin. Dianjurkan untuk memberikan naungan agar terhindar dari mataharai dan embun yang berlebihan.

Mereka biasanya makan rerumputan, jerami dan biji-bijian ,minum kira-kira 3liter air setiap harinya.

Penyebarannya sudah mencapai berbagai belahan dunia, Inggris, Amerika, Australia bahkan Indonesia. Di tempat tempat tersebut Kambing Saanen disilangkan lagi di Inggris disilangkan dengan kambing setempat dan dihasilkan jenis British Saanen. Di Indonesia disilangkan dengan jenis Peranakan Ettawa. Di Selandia baru ada jenis kambing Sable, yang juga merupakan keturunan dari kambing Saanen.

 

Share

5 comments for “Kambing Saanen

  1. at 8:16 PM

    Yth. Pengelola Blog,

    Saya ada pelihara kambing saanen, soal produktifitas susu memang paling top, kalo memang ada yang mau jual betina dara atau yang laktasi saya mau menambah 50 ekor ( bs kontak saya di 021 37120277 )
    thanks
    Darwin.s

  2. at 5:15 PM

    ABU MUBDI FARM
    Kami dari peternakan Abu Mubdi mnyediakan susu kambing etawa berkualitas baik, tersedia Raw Milk kemasan plastik 200 ml dan Aneka Rasa (Rempah,MaduKurma,Cappucino,Coklat dan Stroberi) Hubungi Kami:
    021-95521594 / 0818826363 / 081586849980 (said)

  3. Marliyanto Ilyas
    at 12:31 PM

    Saya membutuhkan kambing jantan saanen siap kawin atau dara.
    Mohon hubungi saya 0811493167

  4. Joko Rasmono
    at 1:37 PM

    Saya tertarik untuk memelihara kambing saanen, dimana saya bisa mendapatkan bibitnya?

  5. Yanto
    at 9:36 PM

    Yg membutuhkan kambing saanen baik pejantan, bibit atau anakan kami siap melayani, adapun stok yg ada saat ini
    Pejantan saanen F3 jumlah 1 ekor
    Bibit saanen F3 jumlah 1 ekor
    Bibit sapera (saanen F1) 12 ekor
    Anakan saanen F3 betina jumlah 3 ekor
    Anakan sapera betina 3 ekor
    Anakan sapera jantan 5 ekor
    Monggo hubungi yanto 085353803179
    Trm kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *