Kambing Pygmy

Kambing Pygmy merupakan penghasil susu kambing yang mantab, karena hasilnya banyak dan kontinyu sepanjang tahun.

 

www.infoternak.com

Kambing jenis ini tidak biasa dipelihara untuk diambil dagingnya atau susunya, walaupun daging dan susu kambing yang dihasilkan bisa dan layak untuk dikonsumsi manusia.

 

anak kambing pygmy

Kambing ini relative lebih kuat dan tahan terhadap cuaca jika dibandingkan kambing jenis lain yang ukurannya lebih besar, mereka dapat berkembang biak secara alamiah hampir sepanjang tahun.

 

anatomi kambing pygmy

Karena ukurannya yang kecil maka kambing ini sering dijadikan sebagai hewan peliharaan.

Kambing pygmy betina mempunyai berat 23 – 34 kg, sedangkan yang jantan memiliki berat 27 – 39 kg, sdangkan tinggi rata-ratanya antara 41 – 58cm. Warna bulu mereka berkisar antara : coklat caramel putih, coklat caramel sedang, coklat caramel gelap, abu-abu terang, abu-abu sedang, abu-abu gelap dan hitam.

Kambing pygmy ini berasal dari daerah lembah Kamerun di Afrika Barat. Mereka dimpor masuk ke benua Amerika  dan Eropa oleh kebun binatang di Eropa pada tahun 1950, ada juga yang digunakan sebagai hewan penelitian. Karena sifatnya yang ramah, tenang dan lucu kambing ini banyak dibiakkan untuk dijadikan hewan peliharaan oleh para peternak swasta.

Biarpun kambing ini menghasilkan banyak susu kambing, namu untuk memproduksi susu kambing bubuk Raja Waras hanya digunakan susu kambing yang diproduksi oleh kambing kambing yang ada di Indonesia saja, seperti misalnya kambing etawa.

 

Baca semua artikel di web-blog Informasi seputar ternak dan dunia peternakan : klik  saja disini untuk daftar artikelnya

 

Share

2 comments for “Kambing Pygmy

  1. at 6:20 PM

    lucu bro….
    udah ada yang budidaya blm ya..???
    harganya berapaan nich..

  2. at 9:24 PM

    hehehhe,..ane juga pengen punya gan, cuman sayang belum ada yg import ke sini,..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *