Kambing boer

10.Kambing Boer


Kambing Boer berasal dari Afrika Selatan dan telah menjadi ternak yang ter-registrasi selama lebih dari 65 tahun. Kata “Boer” artinya petani. Kambing Boer merupakan satu-satunya kambing pedaging yang sesungguhnya, yang ada di dunia karena pertumbuhannya yang cepat. Kambing ini dapat mencapai berat dipasarkan 35 – 45 kg pada umur lima hingga enam bulan, dengan rataan pertambahan berat tubuh antara 0,02 – 0,04 kg per hari. Keragaman ini tergantung pada banyaknya susu dari induk dan ransum pakan sehari-harinya. Dibandingkan dengan kambing perah lokal, persentase daging pada karkas kambing Boer jauh lebih tinggi dan mencapai 40% – 50% dari berat tubuhnya

.

Kambing Boer dapat dikenali dengan mudah dari tubuhnya yang lebar, panjang, dalam, berbulu putih, berkaki pendek, berhidung cembung, bertelinga panjang menggantung, berkepala warna coklat kemerahan atau coklat muda hingga coklat tua. Beberapa kambing Boer memiliki garis putih ke bawah di wajahnya. Kulitnya berwarna coklat yang melindungi dirinya dari kanker kulit akibat sengatan sinar matahari langsung. Kambing ini sangat suka berjemur di siang hari.

Gambar anatomy kambing boer

Karkas Kambing Boer

KARAKTERISTIK KAMBING BOER JANTAN


Boer jantan bertubuh kokoh dan kuat sekali. Pundaknya luas dan ke belakang dipenuhi dengan pantat yang berotot. Kambing Boer dapat hidup pada suhu lingkungan yang ekstrim, mulai dari suhu sangat dingin (-25oC) hingga sangat panas (43oC) dan mudah beradaptasi terhadap perubahan suhu lingkungan. Tahan terhadap penyakit. Mereka dapat hidup di kawasan semak belukar, lereng gunung yang berbatu atau di padang rumput. Secara alamiah mereka adalah hewan yang suka meramban sehingga lebih menyukai daun-daunan, tanaman semak daripada rumput.

Kambing Boer jantan dapat menjadi hewan yang jinak, terutama jika terus berada di sekitar manusia sejak lahir, meskipun ia akan tumbuh dengan berat badan 120 – 150 kg pada saat dewasa (umur 2-3 tahun). Mereka suka digaruk dan digosok di bagian belakang telinganya, hingga punggung dan sisi perutnya. Mereka dapat mudah ditangani dengan memegang tanduknya. Mereka dapat juga dilatih dituntun dengan tali. Namun, sebaiknya jangan mendorong bagian depan kepalanya karena mereka akan menjadi agresif.

Boer jantan dapat kawin di bulan apa saja sepanjang tahun. Mereka berbau tajam karena hal ini untuk memikat betina. Seekor pejantan dapat aktif kawin pada umur 7-8 bulan, tetapi disarankan agar satu pejantan tidak melayani lebih dari 8 – 10 betina sampai pejantan itu berumur sekitar satu tahun. Boer jantan dewasa (2 – 3 tahun) dapat melayani 30 – 40 betina. Disarankan agar semua pejantan dipisahkan dari betina pada umur 3 bulan agar tidak terjadi perkawinan yang tidak direncanakan. Seekor pejantan dapat mengawini hingga selama 7 – 8 tahun.

KARAKTERISTIK KAMBING BOER BETINA


Boer betina tumbuh seperti jantan, tetapi tampak sangat feminin dengan kepala dan leher ramping. Ia sangat jinak dan pada dasarnya tidak banyak berulah. Ia dapat dikawinkan pada umur 10 – 12 bulan, tergantung besar tubuhnya. Kebuntingan untuk kambing adalah 5 bulan. Ia mampu melahirkan anak-anak tiga kali dalam dua tahun. Betina umur satu tahunan dapat menghasilkan 1 – 2 anak. Setelah beranak pertama, ia biasanya akan beranak kembar dua, tiga, bahkan empat. Boer induk menghasilkan susu dengan kandungan lemak sangat tinggi yang cukup untuk disusu anak-anaknya. Ketika anaknya berumur 2½ – 3½ bulan induk mulai kering. Boer betina mempunyai dua hingga empat puting, tetapi kadangkala tidak semuanya menghasilkan susu. Sebagai ternak yang kawinnya tidak musiman, ia dapat dikawinkan lagi tiga bulan setelah melahirkan. Birahinya dapat dideteksi dari ekor yang bergerak-gerak cepat disebut “flagging”. Boer betina mampu menjadi induk hingga selama 5 – 8 tahun. Betina dewasa (umur 2-3 tahun) akan mempunyai berat 80 – 90 kg. Boer betina maupun jantan keduanya bertanduk.

PERKAWINAN SILANG DENGAN KAMBING LOKAL

Kambing lokal yang dipelihara di Indonesia berasal dari berbagai varietas kambing jenis perah. Jika Boer jantan dikawinkan dengan kambing lokal, baik secara alam atau dengan inseminasi buatan, hasil persilangannya (F1) yang memiliki 50% Boer sangatlah mengagumkan. Keturunan F1 ini akan membawa kecenderungan genetik yang kuat dari Boer. Besarnya tubuh dan kecepatan pertumbuhannya akan tergantung pada besarnya kambing lokal yang dikawinkan. biasanya disilangkan dengan jenis jawa randu dan etawa.

Tergantung dari ransum pakannya, hasil silangan jantan dapat mencapai berat dipasarkan 35 – 45 kg dalam waktu enam sampai delapan bulan, dengan peningkatan jumlah daging pada karkas lebih banyak dari yang dihasilkan anak kambing lokal dengan umur yang sama. Penting untuk dipahami bahwa protein membentuk otot. Penggunaan jagung, tanaman leguminosa dan rumput lokal merupakan sumber protein alami yang sangat bagus. Pada umur satu minggu, anak kambing harus disediakan pakan dari sumber yang sama dengan induknya. Meskipun mereka masih menyusu induknya, mereka akan mulai makan hijauan pada umur sangat muda. AIR MINUM TERSEDIA SETIAP SAAT ADALAH PENTING baik untuk induk maupun anaknya.

Share

20 comments for “Kambing boer

  1. pengin tau
    at 3:26 PM

    mas er, kambing boer ini mudah didapatkan di daerah mana(p. jawa)?

  2. at 5:43 AM

    boer yang ada di Indonesia asalnya dari Australia mas,..Pada sekitar tahun 90’an peternak dari NTB ada yang import semen nya untuk IB disana, tapi saat ini sudah tidak ketemukan lagi jejaknya,Pada tahun 200an ini peternak dari jawa barat yang import langsung. Yg diimport jenis boer tyson F1

  3. Poelz
    at 10:05 AM

    saya minat beternak,dmana saya bisa dapetin bibit unggulan daerah Bandung?kira2 berapa harga 1 ekornya?

  4. at 5:58 AM

    coba hubungi indonesiaboergoat@gmail.com, asosiasi breeder kambing boer di Indonesia http://www.indonesiaboergoat.com

  5. Eko
    at 3:15 PM

    Sip…
    Matur nuwon bos

  6. at 3:51 PM

    Ok juga nich thx to infonya yach moga bermanfaat good luck..

  7. yusuf
    at 7:00 PM

    sy ada premix plus, multivitamin untuk kambing. fungsi: mempercepat pertumbuhan, daging tanbah banyak, susu tambah banyak, tidak gampang stres. dosis 2 x sehari (pagi sore) 1 sendok peres (tidak menggunung)

    harga 85.000/Kg

    hub 085749612782 / 0341-9197423
    atau email : yusuf_muawiyah@yahoo.com

  8. ali wasiin
    at 9:04 AM

    sy sangat berminat dg kambing boar,.. sy tinggal di nganjuk, kira2 dimana bs mendapatkan bibit unggulnya, berapa per ekor…terima kasih.

  9. syamsul bahri
    at 10:41 AM

    saya berminat untuk mendapat kan bibit kambing boar saya ingin tau kira2 brp harga dan alamat nya

  10. at 10:45 AM

    mohon kontak nya dilengkapi dengan no telp/hp…supaya gampang dihubungi

  11. chandra
    at 12:00 AM

    harga bibit kambing boer brapa ya?

    dan pejantang yang berumur 1 tahun brapa ya?

  12. Abu Zuhair
    at 1:18 PM

    Dikediri sekitar tahun 2007an pernah ada yang impor induknya dari Australia namanya kalo Nyak salah Pak Ali alamatnya desa babak kac mandat Kediri, coba cari kali usah ber kembang.

  13. rizky
    at 10:38 PM

    saya berminat memelihara/membudidayakan ternak kambing jenis boer permasalahan dimana saya dapat membeli bibit kambing boer atas segala bantuanya/infonya kami mengucapkan terima kasih/rizky/malang/087 859 462 567

  14. sudaryanto
    at 10:22 AM

    Tolong info harga kambing boer,krn saya berminat

  15. mohd shakdan kamsah
    at 2:46 PM

    hello saya nak beli baka kambing jantan…boer..as per pic how much
    my no 0123125596 tq

  16. rusman
    at 11:29 AM

    yg ada bibit kambing broer di jawa barat dimana?

  17. rusman
    at 11:33 AM

    mohon informasi penjualan bibit kambing broer di jawa barat, informasi kontak 08128781405, pin 22C27B35

  18. Aji adiman
    at 11:36 PM

    Maaf dimana saya bisa memeli kambing boer. ?? Dan berapa perkiraan harga per ekornya
    Terimakasih

  19. toni
    at 9:39 AM

    jual kambing boer F1 jantan & betina 2 ekor lokasi Ponorogo Jatim…minat sms 085649204970

  20. ferdy
    at 1:16 PM

    mohon info untuk penjualan kambing boer di Pontianak ?
    dan berapa per ekornya ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *