Kambing Anglo Nubian

Kambing Anglo Nubian dikembangkan di Inggris, di Amerika dikenal dengan nama Nubia

KambingAnglo Nubian ini hasil dari persilangan antara Kambing asal Afrika dengan kambing asal  India.

Kambing Anglo Nubian merupakan kambing serba guna, berguna sebagai kambing perah dan kambing potong yang  diambil daging atau , susunya . Jenis Ini bukan produsen susu yang baik namun memiliki rata-rata  kandungan lemak mentega yang tinggi (antara empat dan lima persen).  Musim kawin Kambing Anglo Nubian lebih lama daripada kambing keturunan Swiss sehingga memungkinkan untuk menghasilkan susu sepanjang tahun.

Kambing Anglo Nubian ini paling cocok untuk diterrnakkan di daerah yang panas. Karena merupakan kambing yang dapat digunakan sebagai kambing perah dan kambing potong banyak negara yang telah menggunakan jenis kambing Anglo Nubian ini untuk proses Grading Up ( proses memperbaiki keturunan ) hasil susu dan daging dari kambing keturunan lokal

Kambing Anglo Nubian adalah kambing perah yang menghasilkan susu dengan jumlah lumayan banyak dan dapat diperah dalam jangka waktu yang lama, selain itu juga dapat digunakan sebagai kambing potong. Hal tersebut yang menjadikan menternakkan kambing jenis ini sangat bagus prospeknya. Kambing ini dinamakan Nubia karena awalnya ditemukan di daerah timur laut Afrika, Arab dan India.  Peternak dari Inggris mengimport kambing ini pada tahun 1895 untuk dikembangkan lebih lanjut di negaranya. Kambing yang merupakan kambing dual purpose ini disebut Nubia di Amerika.

Penampilan jenis kambing Anglo-Nubian dianggap sebagai “aristokrat” kaarena telinga yang panjang, terjumbai dan tergantung dekat kepala dan membawa jelas hidung romawi dan selalu berambut pendek.

Kambing Anglo nubia mempunyai banyak kombinasi warna, namun yang umum adalah merah hitam dan coklat biasanya datang dengan kombinasi dengan warna putih. Jenis kambing Anglo Nubian jantan memiliki rambut yang pendek di bagian dada, punggung dan paha

Kambing betina memiliki bagian ambing yang besar dan terjumbai, jika dibandingkan dengan kambing keturunan swiss atau eropa, jumbai pada ambingnya lebih panjang. Susu yang dihasilkan memang lebih sedikit dibandingkan dengan kambing keturunan swiss namun memiliki kadar lemak susu ( butterfat ) yang lebih tinggi.

Kambing betina memiliki tinggi kira-kira 76cm  beratnya sekitar 60 kg, sedangkan yang jantan tingginya mulai 88cm dan beratnya 78 kg.

Bagian kepala berkembang dengan karakteristik yang khas, profil wajah diantara mata dan moncongnya sangat cembung. Mempunyai telinga yang panjang yang terjumbai lebih dari moncongnya namun tidak lebar dan tidak melipat seperti kambing Ettawa, bentuk telinganya tersebut agak kaku.  Rambut kepalanya halus dan mengkilap.

Baca semua artikel di web-blog Informasi seputar ternak dan dunia peternakan : klik  saja disini untuk daftar artikelnya

Share

4 comments for “Kambing Anglo Nubian

  1. umah
    at 9:11 PM

    abang, nak tanya kami berminat dengan kambing anglo nubian ?
    bang ada jual tak? kalau ada tolong email gambar dan email harga sekali ?

    tolong email kat umah_mu@yahoo.com.my

  2. Joni
    at 2:05 PM

    Saya mau tanya klo mau beli Kambing Anglo Nubian Harga per ekornya berapa ?

    tolong jawaban di kirim ke sjoni21@yahoo.com

  3. Sudirman
    at 4:28 PM

    Saya juga berminat beli kambing anglo nubian jika ada info tolong di e-mailkan ke sudirman3q@gmail.com. Terimakasih

  4. Mon
    at 12:04 PM

    emailkan maklumat berkaitan anglo nubian n jamnapari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *