Domba

Domba adalah mamalia yang termasuk pertama kali di jinakkan dan dijadikan sebagai hewan ternakan oleh manusia. Literatur mnyebutkan bahwa mula diternakkan pertama kali sektar 9000 – 11000 tahun yang lalu di Mesopotamia.

Pada saat ini kelangsungan hidup domba sangat tergantung pada manusia, ini dikarenakan mereka sudah berevolusi sebagai hewan ternakan. Dan tidak hidup liar di alam lagi.

Sudah sangat sulit dan tidak jelas garis keturunan sampai kepada nenek moyang mereka. hipotesa yang paling biasa memberitahukan Ovis itu aries ialah keturunan Asiatic (O. orientalis) spesies mouflon ( sejenis rusa lliar ). Pada literature ditemukan di Eropa bahwa mouflon adalah sejenis domba kuno yang dipiara disana pada waktu itu. Sedikit jenis domba, seperti Castlemilk Moorit dari Skotlandia, terbentuk lewat crossbreeding dengan mouflon Eropa liar.

Awalnya, domba disimpan hanya  untuk daging, susu dan kulit. Bukti arkeologis dari patung-patung ditemukan di situs arkelogis di Iran menunjukkan bahwa domba diambl bulunya (wol) sudah sejak 6000 M. Tetapi pakaian bulu domba tenun yang paling awal hanya sudah dibubuhi tanggal sampai dua sampai tiga ribu tahun yang lalu

Perbedaan yang utama bulu antara domba kuno dan domba modern adalah Domba kuno lebih sulit dicukur bulunya daripada domba yang diternakkan pada saat ini. Kmeungkinan malah tidak dicukur untuk mengambil bulunya melainkan dengan cara ‘dikupas – dilepas” . Ciri ini hidup terus hari ini di jenis-jenis yang tak halus seperti Soay dan banyak Shetlands.

Pada saat ini domba diternakkan dengan cara yang modern. Peternakan yang besra dan modern bias ditemukan di Australia, Selandia Baru, Amerika Selatan dan Kepulauan Inggris.

Penggunaan kata domba dimulai di Inggris, Abad Pertengahan sebagai turunan dari Inggris Kuno kata sc?ap; itu adalah baik tunggal dan jamak nama untuk hewan.

Domba juga disebut dalam agama agama besar, terutama dalam agama Ibrahim ( Islam dan Kristen) dan digunakan sebagai hewan kurban

Deskripsi

  1. Domba adalah ruminansia kecil, bulunya biasanya berkerut, dan mempunyai tanduk yang berbentuk spiral lateral dan tanduk ini ditemukan pada jantan maupun betina.
  2. Umumnya mereka mempunyai ekor yang masih merupakan cirri dari nenek moyang mereka. Tapi domba yang diternakkan ada juga yang tidak mempunyai ekor.
  3. Warnanya mulai putih,coklat,coklat muda dan belang belang.
  4. Berat domba jantan umumnya 45-160 kg. Domba dewasa memiliki 32 buah gigi. Tidak bertaring
  5. Domba memiliki pendengaran yang baik dan peka terhadap kebisingan.
  6. Domba memiliki pandangan yang baik, bidang pandangan nya adalah antara 270 – 320 derajat.
  7. Domba tidak suka akan daerah gelap. Umumnya mereka akan meilih berada pada daerah yang terang daripada gelap.
  8. Memiliki indera penciuman yang baik karena memiliki kelenjar penciuman tepat di depan mata
  9. adalah jenis hewan herbivore.
  10. aktifitas makan mereka adalah dari fajar sampai senja
  11. Domba adalah binatang social, naluri mereka untuk berkelompok sangat kuat
  12. Pemimpin kelompok adalah jantan yg paling tua atau betina
  13. Masa kehamilan/bunting selama 5 bulan, biasanya proses  melahirkan memakan waktu sekitar 3 jam.

Ada sekitar 283 jenis domba, mulai dari domba Acipayam yang berkembang biak di Turki sampai domba Zoulay di Maroko

baca juga : asal usul domba

Share

10 comments for “Domba

  1. at 3:11 AM

    Wow that is an very helpful blog entry . I like your website. Maybe you should write more articles of these type. By the way, sorry for my bad english 😉

  2. at 3:39 PM

    boleh tahu bagaimana sih cara memelihara domba garut tersebut dan kalau boleh tahu berapa harga domba yang usia 3 bulan keatas?

  3. Wijaya
    at 11:36 PM

    Saya perlu info lebih untuk domba Dan kambing komoditas yg ada di Indonesia , termasuk habitat , kandang , tempat beli bibit , pakan Dan perawatan , penyakit Dan penanganan nya, terutama domba potong , karena saya ingin coba us aha , terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *