Domba ekor gemuk

Domba ekor gemuk ini banyak terdapat di Jawa Timur dan Madura, serta pulau-pulau di Nusa Tenggara. Di Sulawesi Selatan dikenal sebagai domba Donggala. Di pulau jawa dikenal juga dengan domba kibas Tanda-tanda yang merupakan karakteristik khas domba ekor gemuk adalah ekor yang besar, lebar dan panjang. Bagian pangkal ekor membesar merupakan timbunan lemak, sedangkan bagian ujung ekor kecil tidak berlemak. Warna bulu putih, tidak bertanduk. Bulu wolnya kasar. Domba ini dikenal sebagai domba yang tahan terhadap panas dan kering. Domba ini diduga berasal dari Asia Barat Daya yang dibawa oleh pedagang bangsa Arab pada abad ke-18. Pada sekitar tahun 1731 sampai 1779 pemerintah Hindia Belanda telah mengimpor domba Kirmani, yaitu domba ekor gemuk dari Persia.

Apakah domba ekor gemuk merupakan keturunan dari domba-domba ini, belum diketahui. Bentuk tubuh domba ekor gemuk lebih besar dari pada domba ekor tipis. Domba ini merupakan domba pedaging atau domba potong , berat jantan dewasa antara 40 – 60 kg, sedangkan berat badan betina dewasa 25 – 35 kg. Tinggi badan pada jantan dewasa antara 60 – 65 cm, sedangkan pada betina dewasa 52 – 60 cm.

Di Indonesia Domba ekor gemuk ini disilangkan dengan domba merino dan domba ekor tipis sehingga menghasilkan keturunan yang sering dipakai domba aduan atau dikenal dengan domba garut.

Share

7 comments for “Domba ekor gemuk

  1. akhmad saiful
    at 7:11 PM

    sya ingin berternak domba ini tapi saya tidak punya modal

  2. faisol
    at 9:32 PM

    saya ingin bertenak DEG tp saya kesulitan dalam mendapatkan bibitnya…tolong beri solusinya

  3. jaka
    at 1:23 PM

    mas faisol saya ada domba EG klu berminat hubungi saya di nomor 085336129740/ 085749906965.

  4. at 12:21 AM

    mas jaka saya butuh indukan domba ekor gemuk. untuk yg betina harganya berapa? dan mas jaka domisili di mana?

  5. Ali
    at 11:58 AM

    Kami siap mensuplay beraneka Domba asal ada kesepakatan harga terlebih dahulu terutama domba potong.
    Silahkan hubungi di e-mail: m_4ly@yahoo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *