Cara memilih DOD bebek yang baik

Cara memilih DOD bebek yang baik , adalah salah satu kunci sukses beternak bebek, jika salah dalam pemilihan bibit bebek atau DOD maka masa depan peternakan bebek anda akan menjadi suram.

Berikut ini adalah cara memilih DOD bebek yang baik, yang harus dilihat ketika kita memilih bibit adalah bibit bebek tersebut memiliki bulu yang bagus dan kering, kedua matanya melek, bebek bergerak lincah, tidak cacat pada kaki (pincang). Lalu setelah memilih bibit yang baik, selanjutnya adalah pemeliharaan dimana biasanya ini adalah masa-masa yang sulit sehingga tidak sedikit yang gagal didalamnya.

DOD (day old duck) umur 1-2 minggu sebaiknya ditempatkan dikandang yang dilengkapi pemanas, yaitu berupa box yang sekelilingnya tertutup atau bisa juga ditutup dengan kain/plastik. Kandang diberi fentilasi yang cukup agar sirkulasi udara terjaga, lalu sebelum DOD / bibit bebek dimasukkan semprotkan disinfektan agar kandang bebas dari kuman/penyakit yang dapat menyerang bebek. Lalu  didalam pemberian pakan, bebek umur 1-2 minggu perlu diberi pakan yang sedikit demi sedikit tetapi continue, berikan vitamin dan antibiotik untuk menjaga kesehatan bebek dan menambah nafsu makan. Dan yang terakhir selalu bersihkan kandang secara rutin, sebagai bentuk pencegahan terhadap penyakit.

Share

9 comments for “Cara memilih DOD bebek yang baik

  1. at 3:12 PM

    Mohon diberikan saya ilmu beternak bebek, kareana saya tertarik dengan usaha ini.

  2. Rizal
    at 9:05 AM

    mohon informasi berat DOD itik umur 1-5 hari yang ideal agar bisa jadi bibit unggul?

  3. at 10:28 PM

    http://mahkotaunggas.blogspot.com/

    simak cara membuat mesin penetasan bebek

  4. at 6:34 PM

    thanks gan caranya,, mantap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *