Cara Ampuh Bagaimana Mendapatkan Pakan kambing Tanpa Membayar, Bahkan Anda Dibayar

Apakah anda kesulitan untuk mencari hijau-hijauan seperti rumput atau dedaunan yang berkualitas untuk pakan ternak kambing anda?Jika ada pun, anda harus membayar. Meskipun harganya tidak seberapa tapi coba dikalikan dengan jumlah kambing dan kebutuhan selama sebulan,…lumayan pasti hasilnya,..apalagi jika disekitar peternakan hijau-hijauan itu sulit didapatkan.

Ternyata pakan kambing yang berupa hijau-hijauan tersebut dapat diganti dengan sampah rumah tangga. Tentunya bukan sampah sembarang sampah. Bukan sampah seperti plastik atau kertas, karena jika kertas ataupun plastik tersebut sampai masuk ke dalam pencernaan kambing maka bisa dipastikan plastik atau kertas tidak dapat tercerna secara maksimal dan menjadi batu dalam pencernaan. Akibatnya akan menjadi penyakit.

Sampah yang dimaksudkan disini adalah sampah dapur yang berupa sisa-sisa sayuran. Sampah dari sisa sayuran tersebut dapat mengganti fungsi dari hijau-hijauan.

Sampah seperti ini sangat mudah kita dapatkan.

Di sekitar kita banyak perumahan ataupun warung yang menjadi produsen sampah yang kita maksud itu. Malahan kita bisa mendapat masukan tambahan darinya. Kalau biasanya kita mengeluarkan uang sekarang kita malah mendapatkan uang.

Tapi untuk langsung diberikan kepada kambing/domba agak riskan, karena kita tidak tahu isi dari sampah itu apa saja. Bisa-bisa di dalam sampah tersebut ada plastik atau kertas atau bahan lain yang berbahaya buat pencernaan kambing kita.

Untuk menghindari hal tersebut kita harus melakukan proses sortir dari tempat asalanya. Misalnya dari rumah ataupun warung. Berikan saja satu rumah atau warung satu ember. Tidak terlalu mahal untuk memberi ember atau tempat lain yang bisa dipakai utnuk menaruh sisa sayuran itu. Informasikan kepada pemilik rumah atau warung bahwa yang kita butuhkan sampah sisa sayuran. Jangan sampai tercampur dengan sampah lain yang berbahaya buat kambing kita.

Menurut hasil percobaan, cara ini sudah dicobakan di beberapa tempat. Hasilnya di beberapa tempat, kita bisa menarik biaya untuk service kita mengambil sampah sayuran itu. Walaupun dengan harga tidak seberapa tentunya.

Percobaan ini dilakukan oleh Profesor Adji, seorang guru besar, di Fakultas Peternakan Universitas Mataram, NTB. Tentunya tidak sembarangan seorang Profesor dalam percobaan tersebut. Menurut beliau hasilnya bagus.

Akan menjadi hal yang menarik jika kita biasanya mengeluarkan uang untuk mendapatkan pakan kambing, sekarang kita dibayar. Atau paling tidak gratis. Stoknyapun melimpah.

Cara ini bisa menjadi alternatif pakan ternak untuk peternakan yang kesulitan dalam mencarinya. Atau menjadi sumber pemasukan baru bagi yang membutuhkannya.

Artikel lain yang perlu anda baca :

Cara menentukan market kambing anda

Cara ampuh mencari buyer untuk export kambing

Tips mengirim kambing dalam jangka waktu lama

Baca semua artikel di web-blog Informasi seputar ternak dan dunia peternakan : klik  saja disini untuk daftar artikelnya

Share

23 comments for “Cara Ampuh Bagaimana Mendapatkan Pakan kambing Tanpa Membayar, Bahkan Anda Dibayar

  1. IR. TUKIMAN MISIDI, MM, MBA
    at 9:09 PM

    Bagus banget isinya, cuma belum sempat baca-baca. Apa ada jaringan penampung susu di wilayah Jakarta dan Bandung ?

  2. at 9:11 PM

    silahkan langsung hubungi saya pak

  3. at 3:13 PM

    apa solusi lain dalam pemberian pangannya?

  4. ryanda
    at 9:54 AM

    wuuuiiiiihhh…keren gan artikelnya..jadi banyak belajar nih..thanks..alot..boss

  5. petani jamur
    at 6:35 PM

    Majulah agribisnis indonesia ind

  6. Lahamma
    at 10:38 AM

    Kpd tmn2 pternak, tolg info majalah peternakn gratis berbahasa indonesia. Trims bantuanx.
    http://www.pulsagram.com/?id=CN034283

  7. Lahamma
    at 10:40 AM

    Kpd tmn2 pternak, tolg info majalah peternakn gratis berbahasa indonesia. Trims bantuanx.
    hammae_tiro@yahoo.com

  8. at 12:17 PM

    Wow…PBBHnya bsa mncapai brapa dlm shari?
    Krimin formulasi ransumnya dong mas…bsrta tata cara pemberiannya….thank you…

  9. emly
    at 7:07 PM

    Soluso lain bisa sy sampaikan ,dan saya tawarkan berupa Ampas Gandum yg dapat meningkat kan berat kambing,bila berminat dapat menghubungi di 081387126558,terimakasih

  10. iswan
    at 11:17 AM

    KAMBING GIBAS…………..

    SAYA Iswan dari Kediri Jawa Timur menjual kambing GIBAS berkualitas dengan harga
    relatif murah (terjangkau) Rp 27.000/kg, tersedia dalam pilihan berat hidup:
    1. Berat +/- 25 kg
    2. Berat +/- 30 kg
    3. Berat +/- 40 kg

    Informasi produk & layanan
    1. Harga sudah termasuk tersebut di lokasi peternakan saya.
    2. Bebas msmilih kambing di lokasi peternakan
    3. Pembayaran dapat dilakukan secara tunai atau via transfer
    ( Dengan sistem timbang bayar ).

    Saya juga menjual Pakan Ternak kambing kadar protein 15% & bisa meningkatkan
    berat kambing sebesar 5 – 8kg/bulan. Harga Rp 2500/kg ( jika pakai pakan ternak
    ini maka kambing tidak perlu makanan hijauan lagi )

    Saya juga menjual pupuk organik dari kotoran kambing yang sudah diproses dan
    digiling halus tanpa bau, Harga Rp 800/kg, stok ribuan ton.

    Saya juga menawarkan kepada siapa saja yang punya modal untuk berinvestasi ke
    peternakan saya guna pengembangan peternakan kambing saya, Produk yang akan saya
    kembangkan : Ternak kambing gibas s/d 10.000 ekor, pabrik pakan ternak unggas,
    sapi & kambing, pabrik obat & suplemen untuk ternak unggas, sapi & kambing.
    Investasi modal minimal Rp 50 Juta, Profit Sharing 40% pengelola : 60% pemilik
    modal.

    Peternakan saya sudah berjalan dan saat ini ada stok 1500 ekor kambing,produk
    pakan & produk pupuk organik, jika ada investor yang berminat bisa langsung saya
    ajak survey lokasi peternakan.

    Customer Service Email : iswanzeno11@yahoo.co.id
    HP : 085736844274

  11. at 11:44 PM

    sulit cari hijauan makan ternak? pake limbah pertanian aja seperti jerami..http://www.youtube.com/watch?v=64u4BVwNKDk

  12. alimun adiprana
    at 10:20 AM

    kami kelompoktani ternak ADI PRANA menyediakan bibit dombos unggul dgn harga terjangkau/nego

  13. at 6:34 AM

    gimaa cara fermentasi jerami untuk pakan kambing,n terima kasih atas jawabannya

  14. Dadang
    at 9:29 AM

    Terimakasih dan senang sekali mendapat berbagai info.
    Lebih berterimakaish lagi seandainya saya mendapat info mengenai fermentasi jerami untuk pakan kambing. Bisa di bagi?
    Salam

  15. at 6:06 AM

    bagaimana cara membuat pakan kambing dengan jerami / batang pisang ?
    mohon diberi jawaban lengkap…………..?

  16. at 11:40 AM

    INFO PRODUK:
    (1) Suplemen Organik Tanaman (SOT) produksi PT HCS Sidoarjo, untuk meningkatkan hasil produksi pangan (segala tanaman) tanpa pupuk kimia, lebih hemat, hasil meningkat dan hama terkendali.
    (2) Suplemen Organik Cair (SOC) untuk segala ternak/ikan agar lebih meningkat penghasilannya, lebih ringan biayanya, lebih aman dikonsumsi dagingnya karena organik dan menghilangkan bau kotorannya (ramah lingkungan). Agar aplikasinya sesuai dengan aturan diselenggarakanlah pelatihan-pelatihan GRATIS. Selengkapnya buka http://hcssukses.blogspot.com/p/produk.html.

  17. at 10:47 PM

    INFO PRODUK:
    (1) Suplemen Organik Tanaman (SOT) produksi PT HCS Sidoarjo, untuk meningkatkan hasil produksi pangan (tanaman) tanpa pupuk kimia, lebih hemat, hasil meningkat dan hama terkendali.
    (2) Suplemen Organik Cair (SOC) untuk segala ternak/ikan (campuran pokok untuk fermentasi) agar lebih meningkat penghasilannya, lebih ringan biayanya, lebih aman dikonsumsi dagingnya karena organik dan menghilangkan bau kotorannya (ramah lingkungan). Agar aplikasinya sesuai dengan aturan diselenggarakanlah pelatihan-pelatihan GRATIS. Selengkapnya buka http://hcssukses.blogspot.com/p/produk.html.
    ==========
    METHODE PRAKTIS PENGGEMUKAN KAMBING GIBAS.
    PT HCS memberikan methode praktis melalui pelatihan GRATIS untuk penggemukan kambing gibas. Sudah banyak yang telah membuktikannya dan hasilnya memuaskan. Bukti di lapangan setelah mengikuti petunjuknya, penambahan berat badan rata-rata 2.5 kg – 3.2 kg per minggu. Ternak kambing dari berat 18 kg – 20 kg dalam waktu 3 bulan (siap jual) berat badannya bisa bertambah 30 kg s/d 39 kg. Luar biasa. Selengkapnya kunjungi http://hcssukses.blogspot.com/p/peternakan.html

  18. peternak
    at 10:44 PM

    dgn senang hati saya akan share sedikit ilmu ttg fermentasi pakan, smg bermanfaat, sms 0818 0440 8300 / 0857 2560 5509

  19. at 10:25 PM

    yang ingin share/belajar bikin pakan ternak silahkan sms/call ke 085232561287 / 085749973050

  20. yana
    at 4:14 PM

    bagaimana cara fermentasi gedebog pisang untuk pakan kambing?
    bahan2 yang dibutuhkan, komposisi, dan caranya serta tahan berapa lama satu lagi gimana cara mengetahui fermentasi berhasil/ tidak? tks

  21. SUNARDI
    at 12:55 PM

    RAJA DOMBA
    Jual-beli kambing domba kiloan
    Jual pakan ternak : Bubuk kedelai ampas kecap ( nutrisi protein tinggi ) Rp. 2000/kg. Ampas onggok aren ( nutrisi karbohidrat setara ampas singkong, pengganti katul/dedak ) Rp. 10.000/sak dgn bobot kisaran 30kg/sak
    Jual pupuk : urin kambing Rp. 500/kg, Pupuk organik cair bio urin Rp. 7000/liter ( utk sistem konvensional menghemat pupuk kimia s/d 80% ), pupuk kandang feses kambing Rp. 15.000/sak
    Bagi rekan2 yang berminat kerja sama bs datang ke tempat saya a berlokasi di mojosongo, solo, jawa tengah atau kontek hp. 085229030093/085728471325

  22. at 8:26 AM

    Saya selama ini juga mengandalkan pakan dari limbah sayur, tapi setelah orang melihat apa yang saya lakukan dalam hal ini istri saya yang saya beri tugas untuk mengumpulkan sayur limbah di pasar karena sekalian kan istriku jualan dipasar, maka sekarang sudah banyaak orang yang mengikuti jejak istri saya. sehingga sekarangpun limbah sayur jadi rebutan dan harganya cukup mahal.
    Begitu !……………………. Ganti.

  23. wiyono
    at 9:34 PM

    saya kepengin ternak gibas bos,tip apa yang harus saya lakukan sehingga saya lancar tidak mengalami hambatan.trimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *