Burung Sanger, si Kecil dengan kicau ngeroll abis

Mungkin anda masih asing dengan burung yang satu ini. Badan kecilnya membuat sepintas terlihat seperti burung kenari. Burung Sanger memang masih saudara dari burung kenari.

Ukuran tubuh burung sanger hanya  sekitar 10 – 11 cm, burung ini mempunyai kicau yang khas dengan suara yang ngerol.  Sebagaimana jenis blackthroat, burung sanger juga berasal dari Benua Afrika. Burung sanger sudah masuk ke Indonesia sejak beberapa tahun yang lalu, namun karena ukuran dan bentuk yang kurang menarik, burung ini jarang dilirik oleh para penggemar burung berkicau.

Padahal, dalam kenyataannya, jenis burung sanger banyak diakui oleh para kicaumania dari berbagai belahan dunia sebagai salah satu burung dengan kicau paling melodius di dunia.

suara-burung-edel-sanger

Jenis subspesies / ras burung edel sanger

 

Habitat asli dari burung sanger sebenarnya cukup luas, yaitu  mulai dari Afrika Selatan, Sudan, hingga wilayah timur Senegal. Spesies burung sanger ini sering di jumpai di alam liar, terutama di daerah peternakan, perkebunan hingga sekitar hunian manusia.

 

Sebenarnya Ada tiga subspesies atau ras dari burung sanger, yaitu:

 

Serinus leucopygius riggenbachi: Wilayah persebaran di Senegal hingga wilayah barat Sudan.

Serinus leucopygius pallens: Terbatas di wilayah utara Nigeria.

Serinus leucopygius leucopygius: Wilayah persebaran meliputi Sudan, wilayah selatan Ethiopia, dan kawasan selatan Uganda.

sanger-kicau

Cara untuk membedakan antara edel sanger jantan dan betina :

 

Bisa dikatakan, membedakan sanger jantan dengan sanger betina sangat sulit, hal ini dikarenakan spesies ini adalah burung bertipe monomorfik seksual, yang artinya penampilan antara sanger jantan dengan sanger betina mempunyai penampilan yang sangat mirip. Bahkan sepintas tak ada bedanya.

 

Di Kalangan para sanger mania, apalagi bagi yang sudah berpengalaman, dapat  membedakan jenis kelamin burung ini melalui suara kicauannya. Sebab hanya burung sanger jantan yang memiliki kicauan yang bervariasi, sedangkan edel sanger betina hanya memiliki suara panggilan yang monoton.

Jangan lewatkan informasi menarik ini :

Jadilah Pribadi Sukses yang akan menjadi magnet Kesuksesan untuk setiap Usaha Anda

Program Mentoring Untuk Menjadi Pribadi Sukses

Program Buang Sial

Program Holistik Untuk Kesuksesan Hidup

Rahasia Kekuatan Pikiran

Kekuatan Pikiran Manusia

 Kekuatan Pikiran Positif

Pikiran Positif membuat Kehidupan Positif

Karakter Diri dan Sikap

Karakter Orang Sukses bukan dibuat secara instan

Membuat Rencana Masa Depan yang Lebih Pasti

Para penangkar burung edel sanger yang telah berpengalaman juga memiliki standar dalam hal melakukan sexing ( penentuan jenis kelamin). contohnya, dengan mengamati corak warna putih di bagian bawah paruhnya. Karena bercak putih ini akan terlihat jelas pada burung sanger jantan. Selain itu, Bercak putih juga bisa terlihat ketika burung sanger jantan mengembangkan tenggorokannya pada saat berkicau.

burung-edel-sanger

Karakter dari burung sanger

 

Sebagaimana jenis burung green singin finch /mozambik, burung sanger juga mempunyai perilaku agresif terhadap burung lain. Tetapi burung edel sanger sangat mampu bersaing jika disandingkan dengan jenis green finch lainnya, misalnya kenari ataupun blacktthroat. Sehingga tidak mengherankan jika edel sanger sering dikawinkan dengan blackthroat, sehingga anakannya dikenal dengan sebutan blacksang.

 

Perawatan burung edel sanger

 

Burung Edel sanger merupakan burung pemakan bijian. Jadi, sehari-hari bisa diberikan canary seed atau bijian lain yang biasa diberikan kepada kenari atau burung finch.

 

Untuk  meningkatkan kualitas gizinya, Sayur-sayuran hijau juga harus selalu tersedia setiap hari .Burung sanger juga bisa diberi menu telur puyuh rebus setiap hari. Kalau mau, Anda juga bisa memberikan eggfood.

Untuk merangsang burung edel sanger agar cepat berkicau, anda bias memberi biji kuaci. Namun permasalahannya adalah,burung sanger tidak familiar dengan biji kuaci. Karena itu, Anda harus melakukan sedikit trik agar burung menganggap kuaci sebagai pakannya, yaitu dengan cara mengupas dan memotongnya menjadi ukuran yang lebih kecil, kemudian dicampur dengan pakan bijian lainnya.

 

Menangkar burung edel sanger

Sebenarnya dalam hal penangkaran, tidak berbeda jauh dengan burung kenari. Anda bisa menggunakan kandang koloni  maupun kandang harian. Usahakan lokasi kandang relative aman dan  tenang, tanpa banyak gangguan dari gangguan lain seperti binatang predator  atau manusia.Selama dalam penangkaran, pasangan induk harus mendapat pakan bernutrisi tinggi yang serasi dan seimbang. Yang paling aman, berikan pakan bijian secara ad libitum (tidak terbatas, sepuasnya).

Jangan lupa berikan extra fooding seperti telur puyuh rebus, buah, serta sayuran berwarna hijau gelap setiap harinya. Tulang sotong juga perlu disajikan untuk melengkapi kebutuhan mineralnya, terutama kalsium (Ca) dan fosfor (P).

Untuk mendongkrak libido induk jantan dan betina, Anda bisa menggunakan BirdMature. Selain bisa membuat kedua induk berada dalam kondisi birahi optimal, produk ini juga bisa meningkatkan fertilitas (kesuburan) telur, daya tetas (hatchability) telur yang dierami, serta meningkatkan derajat kesehatan anakan yang baru menetas.

Tempat sarang untuk edel sanger berbentuk mangkuk terbuka, seperti yang biasa digunakan dalam penangkaran kenari. Tempat sarang bisa terbuat dari bahan papan, plastik, maupun batok kelapa.

Adapun bahan sarang bisa menggunakan sabut kelapa, rumput kering, atau bahan sarang lainnya yang banyak dijual di toko perlengkapan burung.

Kalau sudah siap kawin, biasanya edel sanger jantan akan sering melantunkan lagu-lagunya, dengan kicauan yang cukup lantang. Saat itulah burung jantan akan sering mengejar betina (seperti kenari), yang diakhiri dengan perkawinan.

Edel sanger betina akan bertelur rata-rata sebanyak 3 butir, yang dieraminya selama 12-14 hari. Anakan yang menetas sudah bisa keluar dari sarang saat berumur 3 minggu.

Apabila Anda membiarkan anakan berada dalam perawatan induknya, maka masa sapih alami akan terjadi ketika anakan sanger berusia sekitar 7 minggu. Jika ingin disapih sejak awal, maka panen anakan bisa dilakukan pada umur 8 hari, dan Anda harus rutin melolohnya secara berkala.

Sejak umur 21 hari, Anda bisa melakukan pemasteran dengan suara burung lainnya, atau bisa saja membiarkannya tetap dengan suara aslinya.

Share

2 comments for “Burung Sanger, si Kecil dengan kicau ngeroll abis

  1. javas agung
    at 8:42 PM

    Om mita petunjuk kalau sanger dak mau mengerang gimana caranya

  2. at 7:41 PM

    om kalo sanger biasa nya seudah di sapih berapa lama ke berterlur lagi?
    mohon info nya om terimakasih sebelum nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *