Budidaya belut

Belut,sering kita mengenalnya, sudah banyak juga orang yang sukses dengan budidaya belut, sebetulnya apa yang dimaksud dengan belut?jenis apakah belut ini? Berikut sedikit pengertian belut yang disadur dari Wikipedia :

Belut adalah sekelompok ikan berbentuk mirip ular yang termasuk dalam suku Synbranchidae. Suku ini terdiri dari empat genera dengan total 20 jenis. Jenis-jenisnya banyak yang belum diperikan dengan lengkap sehingga angka-angka itu dapat berubah. Anggotanya bersifat pantropis (ditemukan di semua daerah tropika).

Belut berbeda dengan sidat, yang sering dipertukarkan. Ikan ini boleh dikatakan tidak memiliki sirip, kecuali sirip ekor yang juga tereduksi, sementara sidat masih memiliki sirip yang jelas. Ciri khas belut yang lain adalah tidak bersisik (atau hanya sedikit), dapat bernafas dari udara, bukaan insang sempit, tidak memiliki kantung renang dan tulang rusuk. Belut praktis merupakan hewan air darat, sementara kebanyakan sidat hidup di laut meski ada pula yang di air tawar. Mata belut kebanyakan tidak berfungsi baik; jenis-jenis yang tinggal di gua malahan buta.

Ukuran tubuh belut bervariasi. Monopterus indicus hanya berukuran 8,5 cm, sementara belut marmer Synbranchus marmoratus diketahui dapat mencapai 1,5m. Belut sawah sendiri, yang biasa dijumpai di sawah dan dijual untuk dimakan, dapat mencapai panjang sekitar 1m (dalam bahasa Betawi disebut moa).

Kebanyakan belut tidak suka berenang dan lebih suka bersembunyi di dalam lumpur. Semua belut adalah pemangsa. Daftar mangsanya biasanya hewan-hewan kecil di rawa atau sungai, seperti ikan, katak, serangga, serta krustasea kecil.

Jenis belut ada 3 macam, yaitu jenis belut rawa, belut sawah dan belut kali atau belut rawa. Jenis belut yang paling sering dijumpai adalah belut sawah.

Manfaat belut adalah : Sebagai sumber protein hewani, pemenuhan kebutuhan makanan sehari hari dan sebagai penambah obat darah.

Lokasi ideal budidaya belut :

  1. Secara klimatologis belut tidak membutuhkan kondisi yang spesifik. Bisa di dataran rendah dan tinggi, bisa ditempat yang curah hujan nya tinggi atau rendah.
  2. Budidaya belut memerlukan kualitas air yang baik , bersih  dan tanah nya juga harus baik, terhindar dari bahan kimia beracun.
  3. Suhu ideal adalah 25 – 31 derajat Celcius
  4. Bibit belut yang masih berukuran 1-2cm memerlukan kondisi air yang lebih baik, bening dan kaya akan oksigen. Sedangkan belut yang sudah  sudah dewasa tida terlalu memilih jenis air.

Pedoman singkat budidaya :

Persiapan sarana produksi

jenis kolam budidaya belut antara lain:

  1. kolam induk/kolam pemijahan,
  2. kolam pendederan (untuk benih belut berukuran 1-2 cm),
  3. kolam belut remaja (untuk belut ukuran 3-5 cm),
  4. kolam pemeliharaan belut konsumsi (terbagi menjadi 2 tahapan yang masing-masing dibutuhkan waktu 2 bulan) yaitu untuk pemeliharaan belut ukuran 5-8 cm sampai menjadi ukuran 15-20 cm dan untuk pemeliharan belut dengan ukuran 15-20 cm sampai menjadi ukuran 30-40 cm.

Bangunan jenis-jenis kolam belut secara umum relatif sama hanya dibedakan oleh ukuran, kapasitas dan daya tampung belut itu sendiri.

  1. Ukuran kolam induk kapasitasnya 6 ekor/m 2.
  2. Untuk kolam pendederan (ukuran belut 1-2 cm) daya tampungnya 500 ekor/m 2
  3. Untuk kolam belut remaja (ukuran 2-5 cm) daya tampungnya 250 ekor/m 2
  4. untuk kolam belut konsumsi tahap pertama (ukuran 5-8 cm) daya tampungnya 100 ekor/m 2
  5. kolam belut konsumsi tahap kedua (ukuran 15-20cm) daya tampungnya 50 ekor/m 2 , hingga panjang belut pemanenan kelak berukuran 3-50 cm

Pembuatan kolam belut dengan bahan bak dinding tembok/disemen dan dasar bak tidak perlu diplester.

Peralatan lainnya berupa media dasar kolam, sumber air yang selalu ada, alat penangkapan yang diperlukan, ember plastik dan peralatan-peralatan lainnya

Media dasar kolam terdiri dari bahan-bahan organik seperti pupuk kandang, sekam padi dan jerami padi. Caranya kolam yang masih kosong untuk lapisan pertama diberi sekam padi setebal 10 cm, diatasnya ditimbun dengan pupuk kandang setebal 10 cm, lalu diatasnya lagi ditimbun dengan ikatan-ikatan merang atau jerami kering. Setelah tumpukan-tumpukan bahan organik selesai dibuat (tebal seluruhnya sekitar 30 cm), berulah air dialirkan kedalam kolam secara perlahan-lahan sampai setinggi 50 cm (bahan organik + air). Dengan demikian media dasar kolam sudah selesai, tinggal media tersebut dibiarkan beberapa saat agar sampai menjadi lumpur sawah. Setelah itu belut-belut diluncurkan ke dalam kolam

Share

50 comments for “Budidaya belut

  1. rohaedi
    at 8:40 AM

    salam kenal, nama saya agus rohaedi, saya ingin mempelajari cara beternak belut, mendapatkan bibit serta kemana pemasarannya, saya tinggal di daerah Bogor. terimakasih atas bantuannya

  2. budhi wandra
    at 9:37 PM

    sangat bermanfaat, saya tertarik untuk budidaya belut,bisa beritahu saya dimana tempat pelatihannya?

  3. at 7:23 AM

    untuk saat ini belum ada pelatihannya pak,..silahkan sering2 kunjungi web ini agar bisa tahu infonya

  4. at 1:22 PM

    Dagingnya kayak ikan lele…. 😀

  5. at 2:07 PM

    mas bagai mana ya cara membuat kolam belut agar tidak mudah mati terus apa makanan nya pliiiiiiiiisssssssss jawab ?????????? :|]

  6. at 3:26 PM

    apa keuntungannya?strategi awal untuk memulai usaha ini?

  7. agus sumarno
    at 11:27 PM

    saya tertarik untuk budidaya belut,nah yg saya mau tanyakan untuk pendapatan bibitnya dimana ya,mohon infonya,saya agus sumarno,tinggal di Kab.blora jawatengah,trimakasih,saya tunggu infonya

  8. ari
    at 4:16 PM

    belut sering makan anak ikan n hewan2 kecil.jadi kolam belut sebaiknya di berikan ikan2 kecilyang cepat berkembang biak

  9. tri wato
    at 4:10 PM

    saya tertarik dengan artkiel ini, tapi untuk mulai usaha ini mengalami banyak kendala,salah satunya tentang minimnya informasi tentang budidaya ini.saya mohon saudara untu sudi kiranya mengirimkan cara budidaya belut bagi pemula ke e mail saya….. terima kasih.

  10. muhaimin
    at 2:26 AM

    saya ingin memulai usaha beternak belut, saya tinggal di daerah pantura pamanukan subang, yang ingin saya ketahui darimana saya mendapatkan bibit atau benih belut yang dekat dengan tempat tinggal saya. atas infonya saya ucapkan terimakasih.

  11. muhaimin
    at 2:29 AM

    saya tinggal di daerah pantura pamanukan subang, saya ingin memulai usaha beternak belut. tolong kasih tahu untuk mendapatkan benih atau bibit belut yang dekat dengan tempat tinggal saya.

  12. fet aries
    at 11:38 AM

    ingin mencari mencari mitra ternak belut email jfetariesjunior@yahoo.com

  13. ano
    at 10:43 PM

    saya tinggal di bogor tlg kasih tahu untuk mendapatkan bibit yg dekat ma tmpt tgl saya.

  14. heri
    at 5:35 PM

    saya di jember-jatim, bagaiman cara pembibitan belut dan pemeliharaannya hingga panen? terima kasih.

  15. at 5:49 PM

    saya ada d daerah malang selatan,[smbr manjing wetan]saya ingin sekali beternak belut dan lele,klo cara bikin kolamnya insya alloh ana sudh bisa,tapi beli bibit dimana jual hasilnya kemana,klo ada yg bersedia memberi info silahkan ke ke dindin ana d facebook ,wahedmalang,terimakasih atas infonya jazakalloh hoiron katsiiron

  16. ihwan
    at 9:53 AM

    Bagai mana cara memilih bibit belut yang bagus..?

  17. nizu
    at 11:41 AM

    mohon petujuk pemasaran….salam kenal semua,, saya peternak asal lombok

  18. bambang mulia
    at 8:25 PM

    Dear team info ternak

    saya ingin mencoba berternak belut, mohon saya di beri arahan..
    untuk cara yg baik beterbak belut,dan saya berdomisili di Sumatera Utara

    Salam
    Bambang

  19. wahono
    at 10:49 PM

    saya ingin ternak belut ,mohon diberi tau cr2 jg infonya agar mndpt hsil yang bgus…nuwun from salatiga

  20. armin
    at 3:30 PM

    saya pingin ternak belut nieh cuma beli bibitnya dimana ya lokasi saya di serpong………
    apabila agan punya bibit harga bersaing boleh call saya dong

    Tks
    Armin

  21. ansar
    at 12:12 AM

    kami memiliki kolompok dan memiliki kolam tanah yg luasannya 1 Ha sangat tertarik dengan budidaya belut bagai mana cara membuata kolam tanah yg dulu kami membudidaya ikan nila untuk membudidaya belut dan dimana kami dapat kan bibit belut ukuran budidaya yg banya dan berapa harga nya sampai ketempat kami di aceh bahagian barat indonesia trmk atas impormasinya

  22. didik
    at 8:53 PM

    ass..kum.wr.wb
    saya ingin mencoba budidaya belut, saya ingin bertanya bagaimana cara memberi makan belut yg baik dan benar, sehari berapa kali , makannya apa saja dan bagaimana cara memberi makannya….?
    atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih
    wasskum.wr.wb

  23. heru s
    at 9:42 PM

    Mas tolong jelaskan cara cara pembesaran belut trim’s s’blum’a

  24. I Made Purnawan
    at 12:51 PM

    Saya tinggal di Denpasar, Bali dan saya tertarik untuk budi daya belut dan saya belum begitu paham dengan cara berterak belut sawah dan bagaimana saya bisa mendapatkan benih atau bibit belut yang dekat denga tempat saya tolong kasi saya informasi sedetail mungkin karena saya sangat tertarik sekali dengan budi daya belut sawah
    terima kasih.

  25. at 2:55 PM

    sy tinggal di daerah ciamis dan belut termasuk sangat banyak tolong kasih tahu pemasaran ke mana….?

  26. titin
    at 12:32 PM

    Saya tertarik dgn artikel ini…
    Saya ingin memulai usaha beternak belut
    Tapi saya bingung mencari bibit belutnya..
    Saya tinggal ditanjung pinang riau
    Dimana saya mendapatkan bibit dan bagaimana
    Cara memasarkannya, satau saya ?? daerah saya
    Masih langka ttg budi daya belut
    Tapi saya tertarik utk memulainya
    Karna saya sudah memiliki kolam semen yang
    Tak terpakai… Utk infonya
    Terima kasih….

  27. ricky
    at 11:17 PM

    saya mempunyai tanah ukuran 4 X 6 mtr apakah bisa di jadi kan untuk beternak belut ? berapa kah ukuran kolam nya ? mohon bantuannya…thank’s

  28. ajie
    at 2:52 PM

    halo,lam kenal semuanya,ka saya tinggal dibandung n berminat u/t beternak belut,harus kemana saya mencari bibitnya????
    please kasih petunjuknya donk….

  29. komang sugiarba
    at 11:28 AM

    haloo.., salam kenal. sy komang tinggal di bali, kususnya singaraja. saya tertarik untuk budi daya belut. tapi saya masih bingung untuk memulai dr mana. mohon utk di kasi petunjuk dan penjaelasannya. mulai dari pembuatan kandang, mencari bibit, dan pemeliharaan serta pemasarannya…. terima kasih utk infonya

  30. alex
    at 5:02 PM

    mohon maaf sebelumnya

    saya tinggal di surabaya
    saya tertarik dengan artikel ini
    dan saya lgi butuh banyak peternak belut
    berapapun akan saya trima
    mohon info dan balasannya secepatnya ya bos…

  31. at 9:53 AM

    nice article mastah!

    kepada agan2 boleh mampir di website saya, fokus tentang kemitraan, pelatihan, dan konsultasi tentang Budidaya belut dan sidat / moa bersama Drs. Ruslan Roy, MM

    thanks

  32. at 10:23 PM

    bisakah anda memberi bantuan bibit belut untk daerah kepulauan selyar n lokasinya udah tersedia,,,,atas pengertianya z ucapkan terima kasih.

  33. andi
    at 10:38 AM

    permisi pak saya dari Bali ingin mulai beternak belut, tapi ngggak tau lokasi beli bibit belut yang baik di Bali! tolong diberi pencerahan. Terima kasih sebelumnya

  34. chrest
    at 2:54 AM

    salam kenal,,,,saya tinggal di manado dan di dekat tempat tinggal saya terdapat sunga. Di sungai tersebut terdapat banyak belut yang berukuran panjang sekitar 180 cm dan berdiameter sebesar botol aqua sedang. Saya ingin membudidaya belut tersebut, pertanyaan saya 1. apa bisa di buat kolam pakai terpal plastik yg tebal. 2. Belut jenis ini, berapa lama pemeliharaannya bisa mencapai panennya mencapai

  35. Mulyadi
    at 9:06 PM

    Saya punya stock baanyak dan bisa rutin, mau jual belut sawah asal sumatra. tks

  36. arif fitrianto
    at 8:18 PM

    pk mulyadi…harganya berapa?perkilo isi berapa mohon infonya…trims
    silahkn sms/tlf ke 081327058253

  37. soni
    at 11:07 AM

    salam kenal nama saya soni dari lampung saya tertarik dengan budi daya belut pertanyaan saya pa saja makanan belut

  38. at 1:59 PM

    Dimana bisa pesan bibitnya.

  39. jalaludinmfadlan
    at 8:17 PM

    Sya tertarik untk membuka usaha budidaya belut ini,,
    Perlu berapa bulan untuk bisa memanen hasil dari belut itu …..?tlong djawab yaa..

  40. MUJIYANTO
    at 3:18 PM

    Saya sangat tertarik untuk beternak belut,lokasi saya di perumahan di serang baru bekasi,bagaimana saya bisa mendapatkan benih belut,dan dimana saya bisa mendapatkannya serta juga bagaimana prospek marketnya.

  41. kevin sutrisna
    at 6:13 PM

    Saya tinggal di denpasar bali,,tolong dong di mana saya bisa cari bibit belut,,dan pemasaran nya,,terima kasih sblm nya ,asalamu alaikum wr wb,

  42. ichsan
    at 11:07 PM

    Saat ini kami membutuhkan belut sawah atau rawa dalam jumlah yang besar
    Lokasi kami di medan
    Bila ada yang mempunyai stock boleh hubungi saya di 087867788737

  43. at 9:56 PM

    Belut itu melahirkan bertelur atau bisa duaduanya

  44. at 9:17 PM

    bisa nggak pake air yang tak ngalir alias mati????, karna fikir ku lebih baik ternak yang laen aja dri pada ternak belut yang prospek panjang untung belum tentu. terus terang masih banyak lagi uang yang digunakan untuk aliran air kekolam belut.

  45. Adji nugroho
    at 6:33 PM

    Dimanakah tempat terdekat untuk pelatihan budidaya belut didaerah saya,cilacap jateng thx,,

  46. Yustiana
    at 10:54 AM

    Mohon info untuk pembelian Bibit Belut, apa bisa dikirim ke Bali & adakah pelatihan pembudidayaan belut di bali??

  47. Rudy Iswara
    at 3:01 PM

    makanan belut itu jasat renik yg ada di air:larva capung,cacing,udang,ikan cere,cacing tanah dll itu kesukaan Belut.

  48. M0K0
    at 11:41 AM

    Mencari bibit/benih belut di wilayah palembang dan sekitarnya

  49. M0K0
    at 11:44 AM

    Mencari bibit belut wilayah palembang dan sekitarnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *