Bisnis peternakan dan pertanian yang sesuai dengan perkembangan zaman

Bisnis peternakan  dan pertanian yang sesuai dengan perkembangan zaman haruslah diterapkan dan dipelajari secara baik oleh para peternak. Di era teknologi dan perkembangan nya yang begitu dahsyatnya seperti saat ini, semua segi kehidupan haruslah memanfaatkan perkembangan teknologi.

Dahulu dianggap tidak mungkin dan tidak populer jika peternak dan petani mengerti dan memanfaatkan teknologi informasi, khususnya internet untuk memasarkan produknya. Hal ini pernah terjadi kepada saya secara pribadi ketika pada sekitar tahun 2003 dan puncaknya pada tahun 2006 melakukan  bisnis online, penjualan  kambing melalui internet, kemudian saya membuka toko online Pasar yang dibidik adalah ke  negeri Seberang dengan hanya memakai internet sebagai medianya.

Meskipun pada awalnya bisnis penjualan kambing melalui internet tersebut dicemooh dan kurang mendapat hasil yang maksimal, namun setelah beberapa bulan hal tersebut sangat berhasil, saya mendapat beberapa pembeli yang secara kontinyu membeli kambing dari saya. Kambing bibit seperti kambing peranakan etawa dan kambing potong seperti kambing kacang, kambing jawarandu dan domba ekor tipis, domba ekor gemuk dan domba garut.

Pada saat ini sudah banyak generasi muda yang masuk ke bisnis online, bisnis yang melalui internet atau memanfaatkan internet sebagai medianya. Begitu juga dengan bisnis peternakan, jika dahulu tidak banyak generasi muda yang mau terjun ke bisnis peternakan dan pertanian maka pada saat ini banyak generasi muda yang masuk ke bisnis peternakan dan pertanian.

Mereka juga menggunakan internet sebagai medianya. Bisnis online mereka adah di bidang peternakan dan pertanian. Bisnis yang dulu jarang dilirik oleh generasi muda sekarang sudah merambah masuk ke internet. Siapa yang menyangka

Di tahun 2011 ini rata rata setiap orang sudah memiliki akun Facebook ataupun jaringan pertemanan online lainnya. Begitu juga dengan para peternak dan petani. Jika dahulu untuk memasarkan produknya mereka harus belajar membuat website atau blog sekarang mereka cukup membuat akun di jaringan pertemanan social seperti facebook. Cukup dengan membuat akun  kemudian mengunggah foto dari produk kemudian mencari teman sebanyak banyaknya.

Bisa dilihat pada jaringan pertemanan terbesar yang sekarang ada, yaitu www.facebook.com . Tidak aneh lagi jika para petani dan peternak memajang produknya agar dapat dengan mudah dicari dan mencari calon pembeli.

Tapi apakah cara itu efektif untuk mendapatkan pembeli? Para pengusaha yang mendalami mengenai bisnis online biasanya membuat website untuk memajang produknya, salah satu sarana agar para calon pembeli dapat melihat dan mambaca mengenai profil usaha mereka .

Walaupun sudah banyak website yang merupakan jaringan dan tempat memajang produk dan profil usaha, jika di Indonesia ada www.indonetwork.co.id dan di luar negeri ada www.alibaba.com , namun baik ataupun tidak, bonafid ataupun tidaknya suatu usaha dan produk biasanya ditentukan juga oleh websitenya, jika masih menumpang pada website lain apakah dapat dianggap bonafid?dibandingkan dengan produk atau jasa yang memiliki website sendiri?

Pada saat ini juga popular untuk membuat Website. Pemilik Website dapat berkomunikasi secara interaktif dengan pengunjung. Pengunjung Website juga dapat berkomunikasi dengan pengunjung yang lain dan berkomentar terhadap apa apa isi dari blog tersebut yang biasanya banyak diisi artikel mengenai jasa dan produk atau hal apa saja sekehendak pemilik.

Website dan akun di jaringan pertemanan seperti facebook sebetulnya dapat di integrasikan untuk menjaring calon pembeli dan konsumen. Website untuk memajang artikel mengenai profil usaha berikut produk atau jasa yang kita punyai.  Akun facebook juga dapat dimanfaatkan dengan cara yang sama, karena pada saat ini banyak orang yang mengenal internet dari facebook, karena sangat populernya facebook ini. Website kita dapat kita hubungkan dengan Facebook secara otomatis sehingga akan mendapat lebih banyak pengunjung.

Sudah tidak heran lagi jika sekarang peternak yang sedang dikandang atau menggembalakan ternaknya membawa gadget yang dapat terhubung dengan internet. Atau minimal mereka memiliki akun di Facebook yang digunakan untuk terhubung ke jaringan peternak yang lain. Terhubung ke jaringan teman teman peternak yang lain akan sangat memudahkan untuk nantinya jika ingin mencari pembeli produknya. Karena biasanya pembeli juga terhubung ke jaringan ini.

Ayo para peternak dan petani mari kita gunakan sarana teknologi informasi sebaik baiknya untuk memaksimalkan keuntungan yang didapat dengan mendapat pembeli dengan mudah melalui internet. Minimal buatlah akun di jaringan pertemanan sosial yang sedang popular seperti facebook. Kemudian rencanakan untuk mememiliki Website dan Blog agar calon pembeli dapat menjangkau produk/jasa yang anda jual, dan melihat profil anda yang bonafid. Website membuat profil anda akan tampak lebih berkelas.

Mari  kita online kan peternakan dan kebun kita dengan membuka toko online , karena Bisnis peternakan  dan pertanian yang sesuai dengan perkembangan zaman , akan mendapatkan profit yang terus menerus dengan jumlah yang sesuai dengan yang kita kehendaki.

 

 

 

Share

7 comments for “Bisnis peternakan dan pertanian yang sesuai dengan perkembangan zaman

  1. at 2:47 PM

    Setuju gan.. mari kita kampanye-kan bisnis online atau promosi melalui internet. Agar indonesia semakin maju… 🙂

  2. at 12:06 PM

    Yang penting, Internet Indonesia tidak lelet dan murah

  3. at 4:14 PM

    SOC (Suplemen Organik Cair) mutlak diperlukan untuk setiap langkah-langkah aplikasi agar hasil bisa maksimal.
    SOC sendiri adalah Nutrisi Bio Organic yang dikembangkan oleh PT HCS untuk mendukung terwujudnya PETERNAK HEWAN DAN IKAN YANG SUKSES DAN MANDIRI.
    Sedangkan manfaat SOC untuk hewan ternak adalah :
    = Menyehatkan ternak.
    = Mengurangi biaya produksi dan pemeliharaan
    = Mengurangi stress dan menambah daya tahan terhadap penyakit
    = Meningkatkan Antibodi pada ternak
    = Menyeimbangkan microorganisme di dalam rumen hewan dan meningkatkan nafsu makan
    = Mempercepat pertumbuhan ternak
    = Meningkatkan kesuburan dan meningkatkan produksi daging
    = Mengurangi angka kematian pada anak Ayam
    = Mempertinggi kwalitas pada telur
    Klik http://hcssukses.blogspot.com/p/produk.html

  4. at 2:50 AM

    saya pikir melebarkan sayap bisnis melalui internet memang merupakan cara yang sangat pintar. saya setuju dengan itu.

  5. at 12:31 AM

    harus expand bisnis ke mana mana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *