Ayam Ketawa

Ayam ketawa adalah ayam yang bisa membawa hoki bagi pemiliknya, hoki bisa ikutan ketawa dan hoki karena memang Ayam Ketawa adalah Ayam yang langka, yang tentunya jika dijual menghasilkan keuntungan yang menggiurkan.

Apakah Ayam Ketawa ini memang bisa ketawa? Ya memang , Ayam Ketawa ini memang suara kokoknya seperti layaknya suara ketawa manusia pada umumnya.

Malah kalau kita baru mendengarnya suara Ayam Ketawa ini seperti burung perkutut.

Ayam Ketawa ini berasal dari daerah Sidrap, Sulawesi SelatanAyam ini perawakan, warna bulu serta karakternya hampir menyerupai  ayam Indonesia pada umumnya . Ayam ketawa ini dahulu dipelihara oleh bangsawan bangsawan keraton Bugis. Ayam Ketawa ini menjadi klangenan di kalangan bangsawan bangsawan tersebut.

Ayam Ketawa ini di tempat asalnya di daerah Sidrap, Sulawesi Selatan sana sering dikonteskan seni suara ketawanya. Yang menarik dalam satu kali kontes pesertanya bisa mencapai 700 sampai 800 ekor ayam. Cara penjurian nya hampir sama dengan kontes lomba burung perkutut, tapi bedanya kontes ini tidak memakai kurungan, cuman batang bambu atau kayu yang dipasang sebagai tempat berdiri Ayam ketawa ini. Ayam Ketawa yang telah menang kontes harganya bisa mencapai Rp.50juta

Ayam ketawa ini saat ini termasuk ke dalam salah satu jenis unggas yang dilindungi.  Jadi untuk mendapatkannya lumayan susah. Tapi karena belum banyak diternakkan, harganya bisa melambung Dikemudian hari jika ada peternak yang menternakannya niscaya akan mendapat keuntungan berlipat ganda karena sebetulnya cara mengembang biakkannya cukup mudah, karena Ayam Ketawa ini kareakternya tidak jauh berbeda dari ayam pada umumnya, perawatan nya relatif lebih gampang, makanannya juga cukup simpel, hanya diberi fur dan rajangan sawi hijau.

Ayo siapa yang mau jadi pionir breeder Ayam Ketawa ini???

nih videonya, bisa di lihat seperti apa ayam ketawa ini ketawa..

ayam ketawa 1

ayam ketawa 2

 

Baca semua artikel di web-blog Informasi seputar ternak dan dunia peternakan : klik  saja disini untuk daftar artikelnya

 

Share

204 comments for “Ayam Ketawa

  1. shaleh
    at 6:41 PM

    gan mau tanya
    apa ayam ketawa betina semuanya bisa ketawa ( berkokok ) juga seperti jantannya?
    mohon info!!

  2. at 7:15 AM

    terimakasih referensi,,,

  3. at 10:59 AM

    suplemen sehat dan kokok panjang.
    Terima kasih informasinya,saya termasuk hobby ayam ketawa. saya menggunakan suplemen melalui produk SOC (Suplemen Organik Cair) produk HCS. Ayam sehat, kotoran tidak bau,telur banyak,daya tetas tinggi, kokoknya panjang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *