Angsa

Angsa adalah burung air berukuran besar dari genus Cygnus famili Anatidae. Bebek dan Angsa berleher pendek juga terdapat di famili Anatidae. Angsa bersama angsa berleher pendek masuk ke dalam subfamili Anserinae namun Angsa memiliki suku sendiri, yaitu suku Cygnini. Terdapat tujuh spesies dalam genus Cygnus. Angsa adalah hewan monogami, ‘perceraian’ terkadang terjadi jika proses bersarang mengalami kegagalan.
Angsa adalah anggota terbesar dari famili Anatidae, dan merupakan salah satu burung air terbesar yang dapat terbang. Spesies terbesar dari angsa, yaitu Angsa Putih, Angsa Trompet, dan Angsa Whooper dapat mencapai panjang 60 inci dan berat 50 pound. Bentangan sayap mereka dapat mencapai panjang tiga meter. Dibandingkan dengan saudaranya, angsa berleher pendek, angsa berukuran lebih besar dalam ukuran dan secara proporsional memiliki kaki dan leher yang lebih besar. Pada angsa dewasa, mereka mempunyai tanda berupa kulit yang tidak ditutupi bulu di antara mata dan paruh. Angsa jantan dan betina mirip, tidak menunjukkan sifat dimorfisme seksual. Namun ukuran angsa jantan umumnya lebih besar dan lebih berat.

Spesies di belahan bumi utara memiliki warna bulu yang putih bersih, namun angsa di belahan bumi selatan campuran warna hitam dan putih. Angsa Hitam Australia (Cygnus atratus) berwarna hitam secara keseluruhan kecuali bulu yang dugunakan untuk terbang pada bagian sayapnya. Angsa hitam muda berwarna abu-abu cerah. Di Amerika Selatan, Angsa Berleher Hitam memiliki leher berwarna hitam sesuai namanya. Kaki angsa umumnya berwarna abu-abu gelap, kecuali dua spesies yang berasal dari Amerika Selatan yang memiliki kaki berwarna merah muda. Warna paruh bervariasi; spesies subartik memiliki paruh berwarna hitam dengan campuran warna kuning. Yang lainnya berwarna merah dan hitam.

Angsa umumnya terdapat di daerah beriklim sedang, jarang terdapat di daerah tropis. Lima spesies terdapat di belahan bumi utara, satu spesies ditemukan di Australia dan Selandia Baru, sisanya tersebar di Amerika Selatan. Angsa tidak terdapat di Asia tropis, Amerika Tengah, bagian utara Amerika Selatan, dan seluruh Afrika.

Angsa makan di daratan dan di air. Mereka hampir selalu bersifat herbivora, meski sejumlah kecil hewan akuatik kecil menjadi mangsa mereka. Di perairan, makanan mereka dapatkan dengan menyaring air, dan makanan mereka terdiri dari akar-akaran, batang, dan daun tanaman akuatik dan tanaman dalam air.

Angsa membentuk ikatan monogami yang dapat berlangsung selama bertahun-tahun. Dalam beberapa kasus, ikatan ini dapat berlangsung seumur hidup. Sarang mereka berada di daratan dekat perairan, dan jaraknya sekitar satu meter. Tidak seperti bebek dan angsa berleher pendek, angsa jantan membantu pembangunan sarang. Ukuran rata-rata telur angsa adalah (tinggi x diameter) 113 x 74 mm dan berat 340 g. Inkubasi berlangsung selama 34-45 hari.

Angsa merupakan salah satu hewan ternak yang masuk dalam kategori unggas seperti ayam dan bebek yang jarang diternakkan dalam peternakan

Spesies

Genera Coscoroba

Genera Cygnus

Share

Post navigation

21 comments for “Angsa

  1. AMINULLAH B
    at 7:29 PM

    bgmn cara mendptkan bibit bebek angsa terutama sy dr makassar.

  2. H.Abdullah
    at 10:11 AM

    Mohon informasi untuk mendapatkan bibit angsa di daerah Tangerang

  3. at 11:30 AM

    saat ini belum ada infonya pak,..silahkan tinggalkan no hp, jika ada info bisa nanti dikontak oleh rekan2 yang lain, jangan lupa berikut kebutuhannya,..

  4. sajidin
    at 9:29 AM

    cara beternak angsa yang baik bagaimana, perlu tidak tempat khusus untuk bertelurnya?

  5. at 2:10 PM

    tempat untuk bertelur angsa hendaknya disediakan supaya kondisi telur dapat terjamin,..

  6. eko
    at 4:22 PM

    tolong jelaskan
    penyakit pada angsa
    terima kasih

  7. Li Tan Hwa
    at 1:45 AM

    Saya ingin beternak angsa dimana saya bisa mendapatkan bibit angsa yg bagus.yg bisa tumbuh berbadan besar & berleher panjang. Terimakasih.

  8. at 10:55 PM

    Angsa gampang banget dipeliharanya, saya bermodal 2 angsa, sekarang sudah menjadi 5 dewasa, dan 5 anakan, saya cuma pelihara di pekarang rumah. Soal penyakit, angsa unggas yg kuat dr penyakit, kalo makanan gampang banget, asal ada rumput disekitar kita lepas aja, nanti juga balik lagi ke rumah.

    pengalaman saya memelihara angsa disini: http://adf.ly/3YDK2

  9. rapjal
    at 8:13 PM

    memelihara angsa perlakuan sama dengan memelihara bebek, kasih makan dedak tambah (kalo ada nasi sisa, sisa sayuran mentah) kasih air dan kocek lalu hidangkan, dan siapin air minum disampingnya, pagi dan sore, lepas dipekarangan rumah dia akan makan rumput/akar/keong kecil/cacing,
    Dedak kasar ane beli di penggilingan padi 10rb dapet 1karung (10kg) cukup buwat 3/4 bulan (2ekor).

  10. bas
    at 8:12 AM

    saya butuh contac person untuk mendapatkan bibit angsa hitam, dan angsa putih berleher panjang apa ada yg punya? no hpku 085735320296

  11. bas
    at 8:16 AM

    saya butuh info untuk bibit angsa hitam dan angsa putih berleher panjang,saya tunggu infonya dari teman2 trimakasih ini no hpku 085735320296

  12. bas
    at 9:32 AM

    tolong teman2 peternak angsa saya minta info tentang angsa hitam, dan angsa leher panjang/angsa terompet. hub baswan aris 085735320296

  13. BASWAN
    at 11:37 AM

    TOLONG TEMAN2 PETERNAK ANGSA HUB HP KU 085735320296

  14. HPIrawan
    at 8:10 PM

    Buat yg di atas banyak yg nanya di mana bisa beli angsa, angsa banyak dijual di pasar2 tradisional. Di jakarta, banyak dijual di pasar barito, pasar burung pramuka, dll.
    Btw, ane lagi nyari di mana yah yg jual jenis angsa Eropa (mute swan) yg nama taksonominya Cygnus olor???? Pengin banget piara jenis angsa ini karena lebih besar dan anggun dengan leher panjang melengkung.
    Sedangkan semua angsa yg dipiara dan diperjualbelikan di Indo adalah jenis angsa Cina (Anser cygnoides) yg postur tubuhnya rada tegak dan leher lebih pendek.

  15. Fajar
    at 4:31 PM

    Cari angsa daerah bandung contact 081223709795

  16. Fajar
    at 4:31 PM

    Cari yg jual angsa daerah bandung contact 081223709795

  17. Imams
    at 6:24 AM

    Saya punya angsa dewasa baru 3 bulan sdh bertelor sebanyak 8 butir. Kini sedang mengerami telor hampir 30 hari, ternyata salahsatu telorpecah dan membusuk, apakah telor yglain masih bisa menetas ya, apa ygharus dilakukan? Ada info pencerahan?

  18. at 3:25 AM

    terimakasih atas waktunya, saya ingin bertanya , bisakah anda beritahukan kepada saya jenis atau macam penyakit yang sering menyerang ternak angsa? terimakasih..

  19. Bariq
    at 7:41 AM

    Dimana saya mendapatkan bibit angsa yg bagus dan baik terutama saya di jambi,muara bulian

  20. ida
    at 7:15 PM

    Teman2 saya mau beli telur angsa dimana ya?

  21. crystian
    at 1:12 AM

    saya mau beli anak angsa dimana alamatnya kalau di batam? no hp saya 082387386520

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *